Septimary, Genio (2025) Pengaruh naming rights sponsorship “Cipete Raya Tuku” terhadap brand equity tuku pada penumpang MRT Jakarta. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (628kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena maraknya program naming rights di Indonesia menunjukkan semakin kuatnya strategi kolaborasi antara brand dan moda transportasi publik, termasuk kerja sama Cipete Raya Tuku pada MRT Jakarta. Pada 2025, Tuku menjadi brand food and beverages pertama yang bekerja sama pada penamaan stasiun di MRTJ. Kerjasama ini berpotensi membentuk persepsi penumpang terhadap brand yang menjadi sponsor. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh naming rights sponsorship terhadap brand equity Tuku pada penumpang MRTJ. Penelitian ini menggunakan teori naming rights sponsorship dan brand equity. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mpenyebaran kuesioner kepada 100 penumpang MRTJ yang memenuhi kriteria berusia produktif (15-59 tahun), pernah membeli atau konsumsi produk Tuku, mengetahui naming rights sponsorship Cipete Raya Tuku, menggunakan MRTJ khususnya di stasiun Cipete Raya Tuku. Lalu data dianalisis menggunakan uji regresi linear dengan didapatkan hasil yang positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa naming rights sponsorship Cipete Raya Tuku berpengaruh signifikan dan positif terhadap brand equity Tuku. Komponen brand equity yang paling meningkat adalah brand awareness, diikuti brand association, perceived quality, dan brand loyalty. Naming right sponsorship ini meningkatkan kredibilitas Tuku dan relevansi brand dengan kehidupan mobilitas penumpang MRTJ. Secara keseluruhan, program ini efektif memperkuat posisi Tuku di benak pengguna MRT Jakarta.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
| Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Fista, Brigitta, Revia Sandy NIDN0715108903 UNSPECIFIED Thesis advisor Hartiana, Theresia Intan Putri NIDN0725058704 UNSPECIFIED |
| Uncontrolled Keywords: | Naming rights sponsorship, MRT Jakarta, tuku, brand equity |
| Subjects: | Communication Science |
| Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
| Depositing User: | GENIO SEPTIMARY |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 03:46 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 03:46 |
| URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

