Pengaruh terpaan konten instagram @kokobuncit terhadap sikap masyarakat surabaya mengenai kuliner

Widjaja, Shane Patrick (2024) Pengaruh terpaan konten instagram @kokobuncit terhadap sikap masyarakat surabaya mengenai kuliner. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

Terpaan konten dan sikap followers memiliki suatu hubungan yang dikaji dengan teori Kultivasi media sosial milik Gerbner. Ketika suatu individu diterpa konten dengan frekuensi, durasi, dan atensi yang tinggi maka efek yang dirasakan akan semakin tinggi, dalam hal ini yakni pembentukan sikap. Penelitian ini berangkat dari sebuah fenomena Apakah konten kuliner koko buncit akan memiliki pengaruh menjadi daya tarik dan membantu bagi masyarakat Surabaya untuk memudahkan dalam mencari informasi tempat kuliner dan promo yang menarik dalam sikap pada tahun 2024. Penelitian ini berfokus pada pengaruh terpaan konten Instagram @kokobuncit terhadap sikap masyarakat Surabaya (followers) mengenai Kuliner dan dikaji menggunakan metode survei kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang lemah tapi pasti antara terpaan konten dan sikap followers, pengaruh yang signifikan dimana kurangnya terpaan konten Instagram @kokobuncit mengakibatkan sikap followers tidak sepenuhnya positif terutama pada komponen konatif (tindakan), serta strategi sosialisasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan khalayaknya, baik dalam geografis maupun isi kontennya. Meskipun followers mengetahui atau menyukai konten, tidak menjamin mereka akan membagikan konten atau bahkan memposting ulang dan komen pada konten Koko Buncit. Padahal, ketika followers membagikan konten, maka sosialisasi tidak berhenti disitu saja dan dapat menyebar lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Akhsaniyah, Akhsaniyah
NIDN0702087602
akhsaniyah@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
theresiaintan@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, terpaan konten, sikap followers, kuliner, teori kultivasi
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 14462 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2025 02:20
Last Modified: 17 Jan 2025 02:20
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41957

Actions (login required)

View Item View Item