Evaluasi pelayanan informasi obat hipertensi (amlodipine dan candesartan) oleh tenaga kefarmasian di beberapa Apotek Program Rujuk Balik (PRB) di Surabaya

Ningsih, Indri Gusti (2024) Evaluasi pelayanan informasi obat hipertensi (amlodipine dan candesartan) oleh tenaga kefarmasian di beberapa Apotek Program Rujuk Balik (PRB) di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy

Abstract

Program jaminan kesehatan nasional melalui program pengelolaan penyakit kronis bertujuan memelihara kesehatan peserta BPJS yang menderita penyakit kronis, seperti hipertensi, dengan memberikan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan informasi obat yang diberikan oleh tenaga kefarmasian di apotek program rujuk balik di Surabaya. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan cross-sectional, penelitian ini melibatkan observasi langsung di 30 apotek program rujuk balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan informasi obat di seluruh apotek yang diteliti masuk dalam kategori “kurang”, dengan persentase <56%. Meskipun aspek penjelasan terkait frekuensi dan waktu penggunaan obat (pagi/siang/malam) sudah cukup baik, informasi seperti indikasi obat, interaksi obat, kontraindikasi, efek samping, dan suhu penyimpanan obat tidak diberikan secara memadai. Pelayanan informasi obat sebagian besar (60%) dilakukan oleh tenaga teknis kefarmasian. Namun, berdasarkan persentase tertinggi pada pelayanan informasi obat yang diberikan oleh apoteker dan/atau tenaga teknis kefarmasian tidak menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini menunjukkan kurangnya perhatian terhadap pentingnya penyampaian informasi yang tepat dan lengkap. Kesimpulan penelitian ini menekankan perlunya peningkatan standar pelayanan informasi obat di seluruh apotek program rujuk balik di Surabaya dan perlu penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala bagi tenaga kefarmasian dalam memberikan pelayanan informasi obat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Setiawan, Monica Widyawati
NIDN9907158354
monicawidya48@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Pelayanan informasi obat, tenaga kefarmasian, kualitas pelayanan, hipertensi, apotek
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program
Depositing User: Users 14761 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2025 07:21
Last Modified: 13 Jan 2025 07:21
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41808

Actions (login required)

View Item View Item