Ningsih, Indri Gusti (2024) Evaluasi pelayanan informasi obat hipertensi (amlodipine dan candesartan) oleh tenaga kefarmasian di beberapa Apotek Program Rujuk Balik (PRB) di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (930kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
Abstract
Program jaminan kesehatan nasional melalui program pengelolaan penyakit kronis bertujuan memelihara kesehatan peserta BPJS yang menderita penyakit kronis, seperti hipertensi, dengan memberikan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan informasi obat yang diberikan oleh tenaga kefarmasian di apotek program rujuk balik di Surabaya. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan cross-sectional, penelitian ini melibatkan observasi langsung di 30 apotek program rujuk balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan informasi obat di seluruh apotek yang diteliti masuk dalam kategori “kurang”, dengan persentase <56%. Meskipun aspek penjelasan terkait frekuensi dan waktu penggunaan obat (pagi/siang/malam) sudah cukup baik, informasi seperti indikasi obat, interaksi obat, kontraindikasi, efek samping, dan suhu penyimpanan obat tidak diberikan secara memadai. Pelayanan informasi obat sebagian besar (60%) dilakukan oleh tenaga teknis kefarmasian. Namun, berdasarkan persentase tertinggi pada pelayanan informasi obat yang diberikan oleh apoteker dan/atau tenaga teknis kefarmasian tidak menunjukkan adanya perbedaan. Hal ini menunjukkan kurangnya perhatian terhadap pentingnya penyampaian informasi yang tepat dan lengkap. Kesimpulan penelitian ini menekankan perlunya peningkatan standar pelayanan informasi obat di seluruh apotek program rujuk balik di Surabaya dan perlu penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala bagi tenaga kefarmasian dalam memberikan pelayanan informasi obat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Farmasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Setiawan, Monica Widyawati NIDN9907158354 monicawidya48@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan informasi obat, tenaga kefarmasian, kualitas pelayanan, hipertensi, apotek |
Subjects: | Pharmacy |
Divisions: | Faculty of Pharmacy > Pharmacy Study Program |
Depositing User: | Users 14761 not found. |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:21 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:21 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |