Pembelajaran Children's Music Programme (CMP) pada anak berkebutuhan khusus usia 5-6 tahun di Kinderland Preschool Surabaya

Amarina, Jessica Puspa (2024) Pembelajaran Children's Music Programme (CMP) pada anak berkebutuhan khusus usia 5-6 tahun di Kinderland Preschool Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Children's Music Programme (CMP) pada anak berkebutuhan khusus (ABK) usia 5-6 tahun di Kinderland Preschool Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang berfokus pada ABK dengan autism spectrum disorder (ASD) dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran CMP memiliki dampak positif terhadap aspek perkembangan ABK, meliputi aspek perkembangan kognitif, motorik halus dan kasar, dan sosial emosional. ABK mampu mengingat notasi nada, memainkan keyboard, bernyanyi, dan menari dengan pengajaran dan pendekatan yang konsisten dari guru CMP. Pembelajaran CMP juga mampu menstimulasi koordinasi mata dan tangan serta meningkatkan fokus perhatian ABK. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru, sekolah, dan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan ABK. Diharapkan agar sekolah meningkatkan fasilitas pembelajaran musik dan memberikan pelatihan khusus bagi guru guna mendukung pembelajaran musik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Cresensia Dina Candra Kumala
NIDN0713058904
dinacandra@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Children's Music Programme (CMP), Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), pendidikan inklusif, musik, perkembangan anak
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Users 14541 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:24
Last Modified: 10 Jan 2025 03:24
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41611

Actions (login required)

View Item View Item