Framing pemberitaan kenaikan harga beras pasca pemilu pada Media Kompas.com dan Tempo.co

Chrisviani, Jennifer Agnes (2024) Framing pemberitaan kenaikan harga beras pasca pemilu pada Media Kompas.com dan Tempo.co. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini mengungkap bagaimana dua media online di Indonesia, Kompas.com dan Tempo.co, membingkai fenomena kenaikan harga beras pasca pemilu. Kedua media tersebut menampilkan perbedaan yang jelas dalam cara pemberitaan terkait penyebab, dampak, dan upaya penanganan isu tersebut. Kompas.com lebih banyak menyoroti isu ini dari sudut pandang pemerintah, dengan menekankan faktor-faktor eksternal seperti kondisi global, distribusi logistik, dan cuaca yang memengaruhi harga beras. Kompas juga lebih menonjolkan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah untuk menjaga kestabilan harga. Sebaliknya, Tempo.co cenderung mengedepankan perspektif kritis, dengan mengaitkan kenaikan harga beras pada kebijakan pemerintah yang dianggap tidak efektif, serta menyoroti dampaknya terhadap masyarakat kecil. Tempo.co lebih mengkritik kebijakan ekonomi pemerintah pasca pemilu, sehingga menampilkan narasi yang lebih menyudutkan pemerintah dan Presiden. Peneliti menggunakan metode analisis framing model Robert N. Entman untuk memahami cara kedua media tersebut memilih isu, menonjolkan aspek tertentu, dan membingkai berita. Pendekatan teori konstruksionis digunakan untuk menganalisis seleksi isu, hubungan media dengan dinamika politik dan ekonomi, serta bagaimana framing membentuk persepsi publik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Kompas.com cenderung membangun narasi yang mendukung pemerintah, sedangkan Tempo.co memberikan pandangan kritis terhadap pengelolaan kebijakan ekonomi pemerintah pasca pemilu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Purnama, Finsensius
NIDN0719078401
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Akhsaniyah, Sonya
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Framing, berita, media online, Pemilu
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 14503 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2025 05:02
Last Modified: 08 Jan 2025 06:18
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41528

Actions (login required)

View Item View Item