“Pengaruh terpaan pemberitaan penggunaan zat pengawet berbahaya terhadap brand image Roti Aoka pada followers sosial media Roti Aoka"

Prakoso, Joseph Surya Lanang (2024) “Pengaruh terpaan pemberitaan penggunaan zat pengawet berbahaya terhadap brand image Roti Aoka pada followers sosial media Roti Aoka". Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (750kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas teori terpaan pemberitaan yang berpengaruh terhadap brand image. Brand image didefinisikan sebagai persepsi subjektif seseorang terhadap suatu objek. Pada penelitian ini, variabel brand image diukur melalui indikator seperti nilai-nilai, reputasi, kepribadian, dan identitas. Sedangkan variabel terpaan diukur berdasarkan frekuensi, durasi, dan tingkat atensi. Fenomena yang terjadi adalah munculnya pemberitaan mengenai dugaan penggunaan zat pengawet berbahaya pada merek Roti Aoka. Namun, setelah ditelusuri, pemberitaan tersebut tidak terbukti benar. Tingginya jumlah pemberitaan di media menimbulkan beragam tanggapan dari masyarakat, baik positif maupun negatif, yang kemudian menyebabkan perubahan pada brand image Roti Aoka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan pemberitaan mengenai isu zat pengawet berbahaya memiliki hubungan yang signifikan dengan brand image Roti Aoka. Hal ini terlihat dari tingginya perhatian masyarakat pada variabel terpaan, serta dominasi nilai-nilai perusahaan pada variabel brand image.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media sosial, terpaan pemberitaan, brand image
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 14491 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2025 07:47
Last Modified: 08 Jan 2025 07:49
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41443

Actions (login required)

View Item View Item