Studi netnografi interaktivitas fanwar fandom engene mengenai isu Palestina-Israel dalam comeback ENHYPEN di media sosial X

Nathania, Valerie (2025) Studi netnografi interaktivitas fanwar fandom engene mengenai isu Palestina-Israel dalam comeback ENHYPEN di media sosial X. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (816kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjabarkan interaktivitas fandom ENGENE dalam fanwar di media sosial X. Fanwar atau perang penggemar yang terjadi disebabkan oleh keputusan fanbase CONNECT TEAM karena isu produser pro Israel di comeback ENHYPEN. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami interaktivitas fandom ENGNE dalam fanwar mengenai isu Palestina-Israel yang ada di dalam comeback ENHYPEN di media sosial X. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Cognitive Theory oleh Albert Bandura untuk mendeskripsikan modeling dalam fanwar. Peneliti menggunakan metode netnografi untuk memahami budaya dan interaksi sosial dalam komunitas virtual, yaitu fandom ENGENE. Peneliti menemukan interaktivitas ENGENE Indonesia dan ENGENE Internasional dalam fanwar terjadi karena perbedaan pendapat terhadap keputusan CONNECT TEAM. ENGENE Indonesia membela dan berterima kasih kepada fanbase dan menggunakan narasi “dilarang ngatur kalo bukan donatur.” Sedangkan ENGENE Internasional menyerang fanbase, menginstruksikan agar fanbase mengganti nama menjadi disconnect dan meninggalkan fandom, serta mengatakan bahwa CONNECT TEAM adalah fanbase hypocrite. Interaktivitas ini dijelaskan melalui tahapan modelling dalam Social Cognitive Theory yang juga dipengaruhi oleh faktor personal (kognitif), lingkungan, dan tingkah laku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fista, Brigitta Revia Sandy
NIDN0715108903
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fanwar, fandom engene, netnografi, social cognitive theory
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Valerie Nathania
Date Deposited: 19 Dec 2025 02:45
Last Modified: 19 Dec 2025 02:45
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/45016

Actions (login required)

View Item View Item