Nathania, Valerie (2025) Studi netnografi interaktivitas fanwar fandom engene mengenai isu Palestina-Israel dalam comeback ENHYPEN di media sosial X. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (816kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (299kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menjabarkan interaktivitas fandom ENGENE dalam fanwar di media sosial X. Fanwar atau perang penggemar yang terjadi disebabkan oleh keputusan fanbase CONNECT TEAM karena isu produser pro Israel di comeback ENHYPEN. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami interaktivitas fandom ENGNE dalam fanwar mengenai isu Palestina-Israel yang ada di dalam comeback ENHYPEN di media sosial X. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Cognitive Theory oleh Albert Bandura untuk mendeskripsikan modeling dalam fanwar. Peneliti menggunakan metode netnografi untuk memahami budaya dan interaksi sosial dalam komunitas virtual, yaitu fandom ENGENE. Peneliti menemukan interaktivitas ENGENE Indonesia dan ENGENE Internasional dalam fanwar terjadi karena perbedaan pendapat terhadap keputusan CONNECT TEAM. ENGENE Indonesia membela dan berterima kasih kepada fanbase dan menggunakan narasi “dilarang ngatur kalo bukan donatur.” Sedangkan ENGENE Internasional menyerang fanbase, menginstruksikan agar fanbase mengganti nama menjadi disconnect dan meninggalkan fandom, serta mengatakan bahwa CONNECT TEAM adalah fanbase hypocrite. Interaktivitas ini dijelaskan melalui tahapan modelling dalam Social Cognitive Theory yang juga dipengaruhi oleh faktor personal (kognitif), lingkungan, dan tingkah laku.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
| Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Hartiana, Theresia Intan Putri NIDN0725058704 UNSPECIFIED Thesis advisor Fista, Brigitta Revia Sandy NIDN0715108903 UNSPECIFIED |
| Uncontrolled Keywords: | Fanwar, fandom engene, netnografi, social cognitive theory |
| Subjects: | Communication Science |
| Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
| Depositing User: | Valerie Nathania |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 02:45 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 02:45 |
| URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/45016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

