Peran desainer grafis pada PT. Pompa Dex Indoguna Surabaya

Omega, Rutzelin (2025) Peran desainer grafis pada PT. Pompa Dex Indoguna Surabaya. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Communication Science, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (871kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Pompa Dex Indoguna Surabaya, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang business-to-government (B2G) , mulai menyadari pentingnya peran desain grafis untuk membangun brand awareness di era digital. Namun, upaya pemasaran digital perusahaan belum berjalan maksimal, salah satunya karena keterbatasan dalam pengelolaan konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjalankan peran designer grafis guna mendukung strategi komunikasi dan pemasaran perusahaan, baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal. Metode yang digunakan adalah kerja praktek selama dua bulan dengan penempatan sebagai content creator pada divisi design graphic. Selama kerja praktek, penulis terlibat dalam berbagai proses kreatif, mulai dari pembuatan script video (company profile dan onboarding), perancangan media promosi cetak seperti notebook dan mug , hingga produksi konten digital untuk media sosial Instagram (desain feeds, story, dan poster hiring) , serta penulisan caption. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa desain grafis berperan penting dalam membantu aktivitas promosi offline dan online perusahaan. Akan tetapi, implementasinya masih terbatas oleh sifat bisnis B2G yang membuat perusahaan berhati-hati dalam merilis konten dan belum adanya divisi kreatif yang permanen.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Desain grafis, peran designer grafis, kerja praktek, pemasaran digital, brand awareness, media promosi, PT. Pompa Dex Indoguna
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Rutzelin Omega
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:50
Last Modified: 08 Dec 2025 07:50
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44875

Actions (login required)

View Item View Item