Peran scriptor dalam produksi konten di instagram @timothyjason10

Permadi, Yonathan Rangga Dwi (2025) Peran scriptor dalam produksi konten di instagram @timothyjason10. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Communication Science, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (15).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (3).pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4 (4).pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (6).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kerja praktik ini dilaksanakan di Divisi Scriptor & Personal Branding Renjana Cashew dengan tujuan untuk memahami dan menerapkan peran scriptor dalam proses produksi konten digital, khususnya dalam membangun personal branding melalui platform Instagram. Peran scriptor tidak hanya sebatas menulis naskah, tetapi juga mencakup riset tren konten, penyusunan narasi, pengarahan proses produksi, penyusunan kalender konten, serta evaluasi performa konten berbasis data. Selama masa kerja praktik, penulis terlibat dalam perencanaan ide, penulisan naskah untuk berbagai format konten (Reels, TikTok, YouTube Shorts, dan Threads), pengelolaan ritme unggahan, hingga analisis insight untuk menentukan efektivitas penyampaian pesan. Temuan utama menunjukkan bahwa konsistensi narasi dan identitas visual merupakan faktor penting dalam membentuk personal branding yang kuat. Selain itu, analisis performa konten mengindikasikan bahwa konten dengan pembuka yang kuat dan pemicu emosional memiliki tingkat retensi audiens lebih tinggi. Dengan demikian, peran scriptor menjadi elemen strategis dalam memastikan pesan komunikatif dapat diterima audiens secara efektif dan mendukung pertumbuhan citra kreator di media sosial.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliastuti, Maria
NIDN0707078607
maria_yuliastuti@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Scriptor, instagram, personal branding
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Yonathan Rangga Dwi Permadi
Date Deposited: 10 Dec 2025 08:29
Last Modified: 10 Dec 2025 08:29
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44848

Actions (login required)

View Item View Item