Peran humas dalam meningkatkan citra pelayanan publik di kantor Imigrasi kelas I khusus TPI Surabaya

Prameswary, Vannesiya Putri (2025) Peran humas dalam meningkatkan citra pelayanan publik di kantor Imigrasi kelas I khusus TPI Surabaya. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Communication Science, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_REV (1).pdf

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I_REV.pdf

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II_REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III_REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB IV_revisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_REV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy

Abstract

Hubungan masyarakat (Humas) berperan penting dalam meningkatkan citra positif lembaga pemerintah agar lebih dekat dengan masyarakat. Humas di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya tidak hanya berfokus pada penyebaran informasi, tetapi juga membangun komunikasi dua arah yang terbuka, ramah, dan solutif dalam mendukung pelayanan publik. Melalui kegiatan kerja praktik di bagian Humas, penulis mendapatkan pemahaman tentang bagaimana Humas menjalankan perannya dalam pelayanan komunikasi masyarakat (Yankomas), publikasi kegiatan, serta pengelolaan media sosial sebagai sarana untuk menjangkau publik secara lebih luas. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi PENCILS (Publications, Events, News, Community Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation, Social Responsibility) membantu Humas menjalankan perannya dalam meningkatkan citra instansi yang profesional, dan dekat dengan masyarakat. Melalui strategi ini, Humas kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya mampu menghadirkan pelayanan publik yang informatif, responsif, serta menumbuhkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Lapalelo, Putra Aditya
NIDN0731039501
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Humas, citra, pelayanan publik, strategi komunikasi
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Vannesiya Putri Prameswary
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:36
Last Modified: 02 Dec 2025 04:36
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44826

Actions (login required)

View Item View Item