Wibisono, Yehezkiel Kunto (2025) Laporan magang PT. Infokom Elektrindo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
FIX_Abstrak SKRIPSI KUNTO (1).pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
FIX BAB I KUNTO.pdf Download (136kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
FIX BAB II KUNTO.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
FIX BAB III KUNTO.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
Preview |
Text (BAB 4)
FIX BAB IV KUNTO.pdf Download (998kB) | Preview |
Abstract
Industri telekomunikasi memegang peranan krusial dalam era digital, menuntut perusahaan untuk terus mengoptimalkan efisiensi proses bisnis inti, termasuk pemasangan jaringan, guna menjaga daya saing. PT Infokom Elektrindo, sebagai perusahaan penyedia layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan model bisnis Business-to-Business (B2B) untuk menghadapi tantangan untuk memastikan setiap proses instalasi berjalan efektif dan efisien demi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis alur proses bisnis pemasangan jaringan di PT Infokom Elektrindo menggunakan metode Integration Definition for Function Modeling (IDEF0). Metodologi penelitian melibatkan pengumpulan data primer melalui observasi langsung dan studi dokumen selama periode magang dari Februari hingga Mei 2025. Proses bisnis dimodelkan secara hierarkis menggunakan IDEF0 untuk memetakan setiap fungsi, input, kontrol, output, dan mekanisme (ICOM) yang terlibat. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa proses bisnis pemasangan jaringan terbagi menjadi empat tahapan utama: Proses Negosiasi (A1), Penyusunan Surat-surat (A2), Pemasangan Jaringan (A3), dan Finalisasi Pemasangan Jaringan (A4). Analisis terhadap model IDEF0 berhasil mengidentifikasi area potensial untuk peningkatan efisiensi, terutama pada sub-proses pengadaan logistik (A32) dan koordinasi antara tim Service Implementation dengan Network Operations Center (NOC) pada tahap instalasi dan verifikasi (A33 & A34). Diharapkan model IDEF0 ini dapat menjadi dasar bagi perusahaan untuk melakukan perbaikan berkelanjutan guna meningkatkan efektivitas operasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Teknik Industri |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Mulyana, Ignatius Jaka NIDN0710047001 UNSPECIFIED Thesis advisor Mulyono, Julius NIDN0727047204 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Proses bisnis, IDEF0, pemasangan jaringan, analisis proses. |
Subjects: | Engineering Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program |
Depositing User: | Yehezkiel Kunto Wibisono Ansani |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 06:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 06:31 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44317 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |