Laporan magang PT. Infokom Elektrindo

Wibisono, Yehezkiel Kunto (2025) Laporan magang PT. Infokom Elektrindo. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
FIX_Abstrak SKRIPSI KUNTO (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
FIX BAB I KUNTO.pdf

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
FIX BAB II KUNTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
FIX BAB III KUNTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
FIX BAB IV KUNTO.pdf

Download (998kB) | Preview

Abstract

Industri telekomunikasi memegang peranan krusial dalam era digital, menuntut perusahaan untuk terus mengoptimalkan efisiensi proses bisnis inti, termasuk pemasangan jaringan, guna menjaga daya saing. PT Infokom Elektrindo, sebagai perusahaan penyedia layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan model bisnis Business-to-Business (B2B) untuk menghadapi tantangan untuk memastikan setiap proses instalasi berjalan efektif dan efisien demi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis alur proses bisnis pemasangan jaringan di PT Infokom Elektrindo menggunakan metode Integration Definition for Function Modeling (IDEF0). Metodologi penelitian melibatkan pengumpulan data primer melalui observasi langsung dan studi dokumen selama periode magang dari Februari hingga Mei 2025. Proses bisnis dimodelkan secara hierarkis menggunakan IDEF0 untuk memetakan setiap fungsi, input, kontrol, output, dan mekanisme (ICOM) yang terlibat. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa proses bisnis pemasangan jaringan terbagi menjadi empat tahapan utama: Proses Negosiasi (A1), Penyusunan Surat-surat (A2), Pemasangan Jaringan (A3), dan Finalisasi Pemasangan Jaringan (A4). Analisis terhadap model IDEF0 berhasil mengidentifikasi area potensial untuk peningkatan efisiensi, terutama pada sub-proses pengadaan logistik (A32) dan koordinasi antara tim Service Implementation dengan Network Operations Center (NOC) pada tahap instalasi dan verifikasi (A33 & A34). Diharapkan model IDEF0 ini dapat menjadi dasar bagi perusahaan untuk melakukan perbaikan berkelanjutan guna meningkatkan efektivitas operasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulyana, Ignatius Jaka
NIDN0710047001
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Mulyono, Julius
NIDN0727047204
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Proses bisnis, IDEF0, pemasangan jaringan, analisis proses.
Subjects: Engineering
Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Yehezkiel Kunto Wibisono Ansani
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:31
Last Modified: 04 Aug 2025 06:31
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44317

Actions (login required)

View Item View Item