Pengembangan lembar kerja peserta didik dengan model problem based learning pada pokok bahasan gelombang cahaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA GIKI 2 Surabaya

Ananta, Pius Filius Deo Datur (2025) Pengembangan lembar kerja peserta didik dengan model problem based learning pada pokok bahasan gelombang cahaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA GIKI 2 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Problem Based Learning(PBL) pada pokok bahasan gelombang cahaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA GIKI 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA GIKI 2 Surabaya sebanyak 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar validasi RPP, LKPD, dan rencana evaluasi (RE), lembar observasi keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), serta angket respon peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP, LKPD, dan RE berada dalam kategori sangat valid dengan rata-rata skor lebih dari 3,00. Keterlaksanaan RPP selama dua kali pertemuan juga menunjukkan hasil sangat baik dengan skor rata-rata 3,96 (99%) dan 4,00 (100%). Peningkatan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan N-Gain dengan hasil rata-rata sebesar 0,87 yang termasuk dalam kategori tinggi. Respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis PBL juga tergolong sangat positif dengan rata-rata skor 3,28 (82%). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD dengan model Problem Based Learning pada materi gelombang cahaya layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Noviani, Elisabeth Pratidhina Founda
NIDN0701119201
elisa.founda@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: LKPD, problem based learning, gelombang cahaya, hasil belajar, ADDIE
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Pius Filius Deo Datur Ananta
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:37
Last Modified: 30 Jul 2025 06:37
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44307

Actions (login required)

View Item View Item