Ananta, Pius Filius Deo Datur (2025) Pengembangan lembar kerja peserta didik dengan model problem based learning pada pokok bahasan gelombang cahaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA GIKI 2 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (392kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) |
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (345kB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Problem Based Learning(PBL) pada pokok bahasan gelombang cahaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA GIKI 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA GIKI 2 Surabaya sebanyak 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar validasi RPP, LKPD, dan rencana evaluasi (RE), lembar observasi keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), serta angket respon peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP, LKPD, dan RE berada dalam kategori sangat valid dengan rata-rata skor lebih dari 3,00. Keterlaksanaan RPP selama dua kali pertemuan juga menunjukkan hasil sangat baik dengan skor rata-rata 3,96 (99%) dan 4,00 (100%). Peningkatan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan N-Gain dengan hasil rata-rata sebesar 0,87 yang termasuk dalam kategori tinggi. Respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis PBL juga tergolong sangat positif dengan rata-rata skor 3,28 (82%). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD dengan model Problem Based Learning pada materi gelombang cahaya layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Fisika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Noviani, Elisabeth Pratidhina Founda NIDN0701119201 elisa.founda@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | LKPD, problem based learning, gelombang cahaya, hasil belajar, ADDIE |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Pius Filius Deo Datur Ananta |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 06:37 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 06:37 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |