Atmanjaya, Johannes Benedictus Vidi (2025) Pengembangan lembar kerja peserta didik digital berbasis problem-based learning dengan bantuan Walter Fendt pada sub materi mesin carnot untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (571kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) | Request a copy |
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Download (309kB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi menjadi hal yang penting dalam aspek kehidupan, termasuk pendidikan yang diadaptasi menjadi pendidikan digital. Tentunya lembaga pendidikan berusaha untuk menerapkan pendidikan dalam perkembangan teknologi yang mengacu pada penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Yang sering menjadi topik pembahasan adalah adanya faktor yang memengaruhi hasil belajar peserta didik. Dengan adanya faktor tersebut, terealisasikan perangkat pembelajaran yaitu lembar kerja peserta didik secara digital dengan bantuan laboratorium virtual Walter Fendt. Perangkat pembelajaran disusun dengan model penelitian 4D dan telah divalidasi oleh 2 validator dengan hasil validasi modul ajar sebesar 3,6 dengan kategori sangat valid, validasi LKPD sebesar 3,5 dengan kategori sangat valid, dan validasi rencana evaluasi sebesar 3,4 dengan kategori valid. Perangkat pembelajaran yang telah divalidasi diuji coba pada 31 peserta didik di SMAS Katolik Untung Suropati Sidoarjo kelas XI-3. Hasil N-Gain pada Pre-Test dan Post-Test peserta didik menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan skor rata-rata mencapai 0,65 dengan kategori sedang. Kemudian peserta didik memberikan respons dengan skor angket respons mencapai 3,2 dengan kategori positif dan menyebarkan instrumen LKPD digital pada peserta didik dan guru pengamat sebagai referensi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD digital berbasis Problem-Based Learning dengan bantuan Walter Fendt pada sub materi mesin Carnot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMAS Katolik Untung Suropati Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Fisika |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Wijaya, Anthony NIDN0715058503 anthony@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | LKPD, problem-based learning, Walter Fendt, mesin carnot, hasil belajar |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Johannes Benedictus Vidi Atmanjaya |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 05:00 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 05:00 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |