Darmawan, Lanny Hwandawati (2025) Gambaran eksistensi diri pada influencer. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (1MB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (978kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (47MB) | Request a copy |
Preview |
Text
BAB 5.pdf Download (7MB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
Abstract
Status influencer dapat dilabelkan pada orang yang berpengaruh terutama melalui media sosial. Influencer merupakan seseorang yang memiliki kapasitas dan kemampuan terhadap bidang tertentu dalam memberikan pengaruh pada orang lain. Namun, tidak semua orang yang memiliki kriteria tersebut merasa bahwa dirinya influencer. Hal ini perlu dipastikan kembali untuk melihat bagaimana gambaran eksistensi diri seseorang sebagai influencer. Eksistensi diri merupakan bentuk pengakuan individu atas keberadaannya melalui kebebasan dalam menentukan tujuan hidup dan memaknai kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan eksistensi diri pada individu yang dikenal sebagai influencer di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, melibatkan informan yang merupakan micro-influencer yang masih aktif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dianalisis dengan teknik theory led thematic analysis. Ciri-ciri seseorang mencapai eksistensi diri ditunjukkan dengan adanya kesadaran diri, kepercayaan diri, harga diri, kesadaran akan peran, kesadaran akan kekuatan misi pribadi, daya tarik pribadi, kesadaran akan keunikan diri, konsistensi dalam kehidupan, serta ketenangan dan kedamaian. Didukung dengan adanya faktor faktor yang mempengaruhi yaitu spiritualitas, kebebasan, dan tanggung jawab untuk mendorong individu mencapai eksistensi dirinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para informan telah mencapai eksitensi diri sebagai influencer. Namun penelitian ini masih perlu ditinjau lebih dalam lagi agar hasil yang diperoleh semakin valid dan memperkaya teori.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Christanti, Fransisca Dessi NIDN0711127201 dessi@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Eksistensi diri, influencer, fenomenologi, theory led thematic analysis |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Lanny Hwandawati Darmawan |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:51 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 08:51 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |