Implementasi position point field dalam meningkatkan marching skills pada anak usia 5-6 tahun di TKK Santa Clara Surabaya

Datu, Elkezia Rante (2025) Implementasi position point field dalam meningkatkan marching skills pada anak usia 5-6 tahun di TKK Santa Clara Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ELKEZIA_REV PERPUS (1).pdf

Download (862kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1_Elkezia.pdf

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2_Elkezia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3_Elkezia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4_Elkezia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6_Elkezia.pdf

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN Elkezia Revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian studi kasus ini dilatarbelakangi oleh keunikan implementasi Position Point Field dalam kegiatan baris-berbaris (marching) pada anak usia 5–6 tahun di TKK Santa Clara Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Position Point Field dapat meningkatkan marching skills anak usia dini di TKK Santa Clara Surabaya. Position Point Field merupakan lapangan yang dimodifikasi dengan menambahkan titik-titik posisi yang digunakan untuk membantu anak memahami posisi berdiri dan menjaga formasi barisan agar tetap rapi dan teratur. Penggunaan lapangan ini menjadi ciri khas dan keunikan tersendiri dalam proses pelatihan marching, yang belum banyak diterapkan di sekolah lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data penelitian dikumpulkan melalui observasi terhadap 22 anak kelompok B selama 21 hari, wawancara bersama guru kelas, serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Position Point Field mampu meningkatkan keterampilan marching anak secara signifikan. Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam enam indikator utama: kekompakan, semangat, ketepatan gerakan, keseragaman, kerapihan barisan, dan kecepatan membentuk formasi. Selain itu, penggunaan Position Point Field juga membuat proses baris-berbaris menjadi lebih efisien, dari rata-rata 6 menit menjadi hanya sekitar 2 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Cresensia Dina Candra Kumala
NIDN0713058904
dinacandra@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Position point field, marching skills, usia 5-6 tahun.
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Elkezia Rante Datu
Date Deposited: 22 Jul 2025 05:54
Last Modified: 22 Jul 2025 05:54
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43876

Actions (login required)

View Item View Item