Gambaran deskriptif kuantitatif learning agility pada Dosen Generasi X di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Irawan, Michael Budi (2025) Gambaran deskriptif kuantitatif learning agility pada Dosen Generasi X di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (813kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan zaman yang cepat, khususnya dalam teknologi, menuntut dosen generasi x di Indonesia untuk memiliki learning agility agar mampu beradaptasi, berinovasi, dan memenuhi tuntutan dunia pendidikan yang terus berkembang. Namun, hasil penelitian awal menunjukkan bahwa sebagian besar dosen generasi x belum sepenuhnya menguasai empat dimensi learning agility (mental, people, change, dan results agility), sehingga diperlukan penguatan kemampuan ini untuk menghadapi tantangan global dan digitalisasi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara deskriptif kuantitatif learning agility pada dosen generasi x di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Learning agility mengacu pada kemampuan individu untuk belajar dari pengalaman baru, menyesuaikan diri dengan cepat, dan menerapkan pembelajaran tersebut dalam situasi yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 50 responden dari berbagai fakultas dan jenjang jabatan akademik. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar dosen generasi X berada dalam kategori tinggi dalam hal learning agility (60%). Pada dimensi mental agility, 50% responden berada pada kategori sangat tinggi. Untuk people agility, sebanyak 60% berada dalam kategori tinggi. Sementara itu, change agility dan results agility masing-masing didominasi oleh responden dalam kategori tinggi, yaitu 46% dan 64%. Penelitian ini juga memetakan learning agility berdasarkan faktor demografis seperti jenis kelamin, fakultas, jabatan, dan daerah asal. Secara keseluruhan, mayoritas responden di semua kategori demografi menunjukkan tingkat learning agility yang tinggi. Temuan ini menggambarkan bahwa dosen generasi X di lingkungan universitas ini memiliki kemampuan adaptasi dan pembelajaran yang baik dalam menghadapi dinamika dunia pendidikan yang terus berubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Apsari, Florentina Yuni
NIDN0717067305
yuni@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: learning agility, dosen, generasi X, adaptasi, pendidikan tinggi
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Michael Budi Irawan
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:13
Last Modified: 17 Jul 2025 04:13
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43823

Actions (login required)

View Item View Item