Studi deskriptif learning agility pada divisi marketing retail konveksi berskala UMKM

Thio, Kezia Natania (2025) Studi deskriptif learning agility pada divisi marketing retail konveksi berskala UMKM. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 (3).pdf

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi dinamika industri yang semakin kompleks dan cepat berubah, kemampuan individu untuk belajar secara adaptif menjadi semakin penting, khususnya dalam sektor pemasaran yang sangat dipengaruhi oleh perubahan perilaku konsumen dan tren pasar. Learning agility, atau kelincahan dalam belajar, merupakan salah satu kompetensi kunci yang memungkinkan individu untuk berkembang melalui pengalaman, beradaptasi dengan perubahan, serta menghadapi tantangan baru secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat learning agility secara deskriptif kuantitatif pada karyawan bagian pemasaran di industri retail konveksi berskala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara daring menggunakan google form. Konsep learning agility dalam penelitian ini mengacu pada teori Gravett dan Caldwell, yang mencakup empat dimensi utama, yaitu mental agility, people agility, change agility, dan results agility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berada dalam kategori learning agility yang sangat tinggi, dengan 92 responden (53,8%). Pada setiap dimensi learning agility, sebagian besar responden juga memperoleh skor yang sangat tinggi, yang mengindikasikan kemampuan adaptasi, pembelajaran dari pengalaman, serta kesiapan dalam menghadapi tantangan baru yang sangat baik di lingkungan kerja retail konveksi. Analisis lebih lanjut berdasarkan data demografis (usia, jenis kelamin, level jabatan, pendidikan terakhir, dan masa kerja) juga menunjukkan bahwa mayoritas responden dari masing-masing kategori memiliki tingkat learning agility yang sangat tinggi. Temuan ini memperkuat pandangan bahwa learning agility merupakan kompetensi kunci bagi karyawan pemasaran dalam industri retail konveksi, karena berperan penting dalam mendukung keberhasilan individu maupun perkembangan organisasi dalam menghadapi dinamika pasar yang terus berubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Desak Nyoman Arista Retno
NIDN0726108203
desakdewi@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: learning agility, pemasaran, UMKM, industri retail konveksi, adaptasi, pengalaman belajar
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Kezia Natania
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:50
Last Modified: 17 Jul 2025 03:50
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43819

Actions (login required)

View Item View Item