Prasetyo, Aurelia Swastika (2025) Gambaran kecerdasan emosi pada guru TK di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Rev .pdf Download (615kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (251kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (263kB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai Guru Taman Kanak-kanak (TK) memiliki peran dalam memberikan pendampingan tumbuh kembang anak. Tugas seorang guru dihadapkan pada tantangan dalam menghadapi perilaku serta menciptakan suasana belajar yang positif. Situasi tersebut guru TK dituntut tidak hanya memiliki kompetensi pada bagian akademik, namun kecerdasan emosi yang baik agar mampu dalam pengendalian diri serta dapat memiliki kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan individu mengenali, memahami, dan mengelola diri sendiri dan orang lain serta membangun hubungan baik orang lain. Aspek kecerdasan emosi terdiri pada memahami emosi pada diri sendiri, mengendalikan, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, membentuk hubungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosi pada guru TK di Surabaya. Melalui metode penelitian kuantitatif deskriptif didapatkan 57 partisipan dengan menggunakan metode accidental sampling. Metode pengelolaan data yang digunakan adalah dengan pengelompokan berdasarkan kategorisasi. Pada aspek self-awareness (kesadaran diri), mayoritas partisipan (61,4%) tergolong dalam kategori tinggi. Pada aspek self-regulation (pengendalian diri) sebagian besar guru berada dalam kategori sedang (47,4%). Pada aspek motivasi, mayoritas partisipan (57,9%) berada dalam kategori tinggi. Pada aspek empati, sebanyak 68,4% partisipan berada pada kategori tinggi. Pada aspek social skills (keterampilan sosial), sebanyak 61,4% partisipan tergolong dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Mulya, Happy Cahaya NIDN0703109401 happycahaya@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosi, Guru TK |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Aurelia Swastika P. |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:30 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:30 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |