Gambaran kecerdasan emosi pada guru TK di Surabaya

Prasetyo, Aurelia Swastika (2025) Gambaran kecerdasan emosi pada guru TK di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Rev .pdf

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai Guru Taman Kanak-kanak (TK) memiliki peran dalam memberikan pendampingan tumbuh kembang anak. Tugas seorang guru dihadapkan pada tantangan dalam menghadapi perilaku serta menciptakan suasana belajar yang positif. Situasi tersebut guru TK dituntut tidak hanya memiliki kompetensi pada bagian akademik, namun kecerdasan emosi yang baik agar mampu dalam pengendalian diri serta dapat memiliki kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan individu mengenali, memahami, dan mengelola diri sendiri dan orang lain serta membangun hubungan baik orang lain. Aspek kecerdasan emosi terdiri pada memahami emosi pada diri sendiri, mengendalikan, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, membentuk hubungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosi pada guru TK di Surabaya. Melalui metode penelitian kuantitatif deskriptif didapatkan 57 partisipan dengan menggunakan metode accidental sampling. Metode pengelolaan data yang digunakan adalah dengan pengelompokan berdasarkan kategorisasi. Pada aspek self-awareness (kesadaran diri), mayoritas partisipan (61,4%) tergolong dalam kategori tinggi. Pada aspek self-regulation (pengendalian diri) sebagian besar guru berada dalam kategori sedang (47,4%). Pada aspek motivasi, mayoritas partisipan (57,9%) berada dalam kategori tinggi. Pada aspek empati, sebanyak 68,4% partisipan berada pada kategori tinggi. Pada aspek social skills (keterampilan sosial), sebanyak 61,4% partisipan tergolong dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulya, Happy Cahaya
NIDN0703109401
happycahaya@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosi, Guru TK
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Aurelia Swastika P.
Date Deposited: 11 Jul 2025 06:30
Last Modified: 11 Jul 2025 06:30
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43796

Actions (login required)

View Item View Item