Laili, Azmil Nur (2025) Gambaran perilaku bermasalah pada anak usia sekolah dasar di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (7).pdf Download (786kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (246kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (249kB) | Preview |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Anak usia sekolah dasar merupakan anak-anak yang berada pada tahap middle childhood. Anak pada tahap ini akan mengalami krisis industry vs inferiorty. Apabila lingkungan kurang mendukung sehingga anak yang tidak dapat melewati krisis perkembangan ini dengan baik, maka hal ini dapat memunculkan perilaku bermasalah pada anak. Perilaku bermasalah terdiri dari externalizing problem seperti gelisah, sulit fokus, berkelahi, berbohong dan internalizing problem seperti cenderung takut, suka menyendiri dan tidak bisa akrab dengan teman sebayanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai perilaku bermasalah yang umumnya terjadi pada anak Sekolah Dasar di Surabaya. Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia sehingga dengan jumlah penduduk yang padat, terdapat berbagai potensi permasalahan, termasuk pada keluarga dan anak-anak Sekolah Dasar. Partisipan penelitian ini adalah 120 anak Sekolah Dasar di Surabaya yang berusia 6-12 tahun. Orang tua dari anak-anak di minta untuk mengisi kuesioner Strength and Difficulties Questionnaire-Parent Report (SDQ-PR). Partisipan direkrut dengan menggunakan incidental sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas anak Sekolah Dasar memiliki perilaku bermasalah pada kategori sangat rendah sebanyak 73 responden (60,83%), kemudian pada tingkat rendah sebanyak 31 responden (25,83%), pada tingkat sedang sebanyak 14 responden (11,67%) dan pada kategori tinggi sebanyak 2 responden (1,67%). Hal ini menunjukkan sebagian besar anak Sekolah Dasar di Surabaya yang menjadi responden penelitian ini jarang menunjukkan perilaku bermasalah, sekalipun terdapat beberapa anak yang dilaporkan orang tuanya masih sering melakukan perilaku bermasalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Sumargi, Agnes Maria NIDN071204730 agnes-maria@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Anak sekolah dasar, Perilaku bermasalah, Studi deskriptif, internalizing problem, externalizing problem. |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Azmil Nur Laili |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:10 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:10 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |