Gambaran perilaku bermasalah pada anak usia sekolah dasar di Surabaya

Laili, Azmil Nur (2025) Gambaran perilaku bermasalah pada anak usia sekolah dasar di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (7).pdf

Download (786kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia sekolah dasar merupakan anak-anak yang berada pada tahap middle childhood. Anak pada tahap ini akan mengalami krisis industry vs inferiorty. Apabila lingkungan kurang mendukung sehingga anak yang tidak dapat melewati krisis perkembangan ini dengan baik, maka hal ini dapat memunculkan perilaku bermasalah pada anak. Perilaku bermasalah terdiri dari externalizing problem seperti gelisah, sulit fokus, berkelahi, berbohong dan internalizing problem seperti cenderung takut, suka menyendiri dan tidak bisa akrab dengan teman sebayanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai perilaku bermasalah yang umumnya terjadi pada anak Sekolah Dasar di Surabaya. Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia sehingga dengan jumlah penduduk yang padat, terdapat berbagai potensi permasalahan, termasuk pada keluarga dan anak-anak Sekolah Dasar. Partisipan penelitian ini adalah 120 anak Sekolah Dasar di Surabaya yang berusia 6-12 tahun. Orang tua dari anak-anak di minta untuk mengisi kuesioner Strength and Difficulties Questionnaire-Parent Report (SDQ-PR). Partisipan direkrut dengan menggunakan incidental sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas anak Sekolah Dasar memiliki perilaku bermasalah pada kategori sangat rendah sebanyak 73 responden (60,83%), kemudian pada tingkat rendah sebanyak 31 responden (25,83%), pada tingkat sedang sebanyak 14 responden (11,67%) dan pada kategori tinggi sebanyak 2 responden (1,67%). Hal ini menunjukkan sebagian besar anak Sekolah Dasar di Surabaya yang menjadi responden penelitian ini jarang menunjukkan perilaku bermasalah, sekalipun terdapat beberapa anak yang dilaporkan orang tuanya masih sering melakukan perilaku bermasalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sumargi, Agnes Maria
NIDN071204730
agnes-maria@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Anak sekolah dasar, Perilaku bermasalah, Studi deskriptif, internalizing problem, externalizing problem.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Azmil Nur Laili
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:10
Last Modified: 15 Jul 2025 02:10
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43378

Actions (login required)

View Item View Item