Studi deskriptif gambaran self control pada konsumen belanja online

Wuwungan, Vanesa Anie (2025) Studi deskriptif gambaran self control pada konsumen belanja online. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak..pdf

Download (954kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab1..pdf

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab5..pdf

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Belanja online (online shopping) merupakan salah satu aktivitas membeli dan menjual barang maupun jasa melalui pemanfaatan jaringan internet. Berbagai kemudahan yang ditawarkan saat melakukan belanja online sangat berpengaruh terhadap kepuasan serta bagaimana perilaku individu dalam mengontrol diri mereka. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran self control pada konsumen belanja online. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode incidental sampling dengan jumlah partisipan sebanyak 235 responden yang melakukan belanja online. Hasil uji coba item mendapat hasil Corrected Item-total Correlation berkisar di antara 0.201 sampai dengan 0.510 dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0.716. Hasil kategorisasi data juga menunjukkan bahwa konsumen belanja online yang menjadi partisipan penelitian ini memiliki self control dengan kategori tingkat tinggi yang menunjukkan adanya kemampuan yang baik dalam mengendalikan diri saat akan melakukan aktivitas belanja online. Belanja online pada partisipan di dominasi oleh perempuan sebanyak 130 orang (55.3%), dimana partisipan terbanyak berstatus sudah bekerja yakni 93 orang (39.6%). Sedangkan berdasarkan intensitas belanja online yang dilakukan paling banyak pada rentang 4 - 6 kali setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hapsari, Elisabet Widyaning
NIDN0704118303
elisabet_hapsari@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Self control, belanja online, konsumen belanja online
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Vanesa Anie Wuwungan
Date Deposited: 08 Jul 2025 05:56
Last Modified: 08 Jul 2025 05:56
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43344

Actions (login required)

View Item View Item