Konsep pendidikan merdeka menurut Mangunwijaya dalam buku Sekolah Merdeka

Wicaksono, Dion Bernadus (2025) Konsep pendidikan merdeka menurut Mangunwijaya dalam buku Sekolah Merdeka. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manusia memiliki martabat sebagai pribadi berakal budi dan berkehendak bebas. Kemampuan ini memungkinkannya memenuhi kebutuhan secara sadar dan bertanggung jawab. Salah satu sarana pemenuhan tersebut adalah pendidikan yang bukan sekadar untuk mendapat ijazah, melainkan proses pembudayaan dan pemanusiaan yang berkesinambungan. Mangunwijaya merupakan salah satu pemikir yang menempatkan pendidikan demi pemerdekaan dan pemuliaan martabat manusia. Penulis tertarik untuk melihat lebih jauh mengenai konsep pendidikan merdeka yang ditawarkan oleh Mangunwijaya dan relevansinya terhadap pendidikan di Indonesia. Skripsi ini akan berfokus pada “Apa konsep pendidikan merdeka Mangunwijaya ? dan “Bagaimana relevansi konsep pendidikan merdeka menurut Mangunwijaya dalam konteks pendidikan Indonesia?”. Penelitian ini disusun sebagai bagian dari pemenuhan syarat akademik untuk memperoleh gelar Sarjana Filsafat di Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Kedua, penulis hendak memberikan penjelasan yang baik tentang konsep pendidikan merdeka Mangunwijaya terutama pada bukunya yang berjudul Sekolah Merdeka dan relevansinya dalam pendidikan di Indonesia. Skripsi yang berjudul Konsep Pendidikan Merdeka Menurut Mangunwijaya dalam buku Sekolah Merdeka: Pengaruh Dan Keaslian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif: studi pustaka melalui buku primer, Sekolah Merdeka. Penulis juga menggunakan metode interpretasi teks untuk dapat menemukan arti dan maksud dari teks-teks dalam buku bertema pendidikan dari karya Mangunwijaya dan kemudian akan mendiskripsikan konsep pemikiran Mangunwijaya. Melalui penelitian yang penulis lakukan, penulis menemukan bahwa konsep pendidikan merdeka menurut Mangunwijaya bertumpu pada suatu antropologi yang humanistis dan spiritual serta epistemologi yang terbuka, reflektif, dan dialogis. Pendidikan dimaknai sebagai proses pembebasan manusia menuju keutuhan dirinya dalam relasi dengan Tuhan, sesama, dan dunia. Konsep ini menolak model pendidikan teknokratis yang seragam dan menekankan pendidikan sebagai gerakan kultural dan spiritual yang relevan dalam menjawab krisis kemanusiaan dan tantangan zaman modern. Dengan demikian, pendidikan merdeka ala Mangunwijaya merupakan jalan transformatif menuju pembebasan dan pemanusiaan manusia secara utuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Filsafat
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ryadi, Agustinus
NIDN0708086401
Ryadi@ukkwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Merdeka, Mangunwijaya, Filsafat Pendidikan, Antropologi, Epistemologi
Subjects: Philosophy
Divisions: Faculty of Philosophy > Philosophy Science Study Program
Depositing User: DION BERNADUS W
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:20
Last Modified: 15 Jul 2025 04:20
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43324

Actions (login required)

View Item View Item