Liminanto, Agnes Theresia (2024) Worship of love turns fanboy into fanwar : studi fenomenologi pada penggemar boygroup treasure di media sosial. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
NEW BAB 3 SKRIPSI AGNES.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
Abstract
K-pop sering dianggap sebagai budaya yang lebih digemari oleh perempuan, fanboy sering menghadapi stigma bahwa ketertarikan mereka kepada idola laki-laki tidak sesuai dengan norma maskulinitas. Namun, penelitian ini berfokus pada fanboy dalam fandom Teume untuk memahami pengalaman dan pemaknaan perilaku mereka, termasuk keterlibatan dalam fanwar. Penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana para fanboy memaknai perilaku pengidolaan dan konflik fanwar yang mereka alami di media sosial. Teori yang digunakan adalah Celebrity Worship dan Fandom, dimana peneliti ingin mengungkapkan makna dibalik perilaku fanwar yang dilakukan fanboy terhadap idolanya. Seluruh data informasi dalam penelitian ini akan dianalisis menggunakan menggunakan metode penelitian fenomenologi, pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif melalui wawancara mendalam dengan ketiga subjek. Temuan penelitian menunjukkan bahwa fanboy Teume memaknai fanwar sebagai bentuk ekspresi diri dan penghargaan terhadap karya idola, yang sering kali melibatkan pembentukan identitas sosial dan solidaritas dengan sesama penggemar. Media sosial memainkan peran penting sebagai ruang bagi fanboy untuk mengekspresikan kecintaan mereka dan membangun interaksi sosial. Keterlibatan dalam fanwar dipahami sebagai cara melindungi idola mereka sekaligus menunjukkan loyalitas yang tinggi. Perilaku konsumtif yang ditunjukkan melalui pembelian barang terkait idola mereka, tidak hanya mencerminkan kebutuhan akan aktualisasi diri, tetapi juga dianggap sebagai bentuk investasi masa depan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Krisdinanto, Nanang NIDN0726126602 UNSPECIFIED Thesis advisor Fista, Brigitta Revia Sandy NIDN0715108903 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | fandom teume, celebrity worship, fanwar |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Users 14801 not found. |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:34 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:34 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |