Wicaksono, Ariel Primayuda (2025) Penerimaan milenial dan gen Z mengenai keterlibatan anak-anak dalam konten crowdfunding pada live tiktok @rahmatjayagheya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Terdapat fenomena Crowdfunding jenis ini memanfaatkan popularitas dan interaksi real-time dengan penonton, yang memberikan sumbangan berupa gift TikTok yang menjadi donasi. Dalam fenomena terdapat hal yang berkaitan antaran Crowdfunding dan keterlibatan anak dalam konten live stream. Dalam penelitian ini terdapat teori sebagai penunjang penelitian anatara lain Crowdfunding di media sosial dalam Indonesia, media sosial khalayak , live Tiktok sebagai bagian interaktif dalam media sosial, reception analysis dalam model Encoding-Decoding Stuart Hall. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kualitatif, terdapat dua tahap utama yaitu pengumpulan data dan wawancara sebagai metode penelitian. Terdapat hasil temuan dari wawancara informan berdasarkan field of experience dan field of reference dari informan berikan yang menghasilkan dominan, negosiasi, dan oposisi. Kemudian terdapat hasil dengan pembahasan penggalangan dana jalur media sosial terdapat dua informan yang dominan, menganggap penggalangan jalur media sosial adalah sarana yang bisa menjangkau lebih luas dan lebih cepat, sementara dua informan lainnya berada pada posisi negosiasi, karena bisa tidak transparansi dan masih ragu. Selanjutnya terdapat keterlibatan anak dalam konten penggalangan dana, dua informan menganggap hal itu memanfaatkan keadaan anak-anak untuk mencari perhatian, melaikan dua informan menganggap hal yang seharusnya karena mereka memanfaatkan keadaan mereka untuk mencari donasi. Selanjutnya eksploitasi terhadap hak anak-anak yang berujung terabaikan, dua informan berpendapat kehadiran anak-anak justru bisa membangun koneksi emosional yang membuat orang lebih peduli bukan ke daya jual anak, dua informan lainnya menolak karena bisa membuat hak anak menjadi hilang. Pandangan ini bergantung pada setiap individu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Ilmu Komunikasi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Hartiana, Theresia Intan Putri NIDN0725058704 UNSPECIFIED Thesis advisor Krisdinanto, Nanang NIDN0726126602 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Penggalangan dana, eksploitasi, media sosial, penerimaan khalayak |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Users 14750 not found. |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 09:37 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 09:37 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |