Pengaruh penggunaan Media Witty Doll terhadap kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun di TK Cempaka Surabaya

Krista, Athanasia Bella (2024) Pengaruh penggunaan Media Witty Doll terhadap kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun di TK Cempaka Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-1.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak (TK) Cempaka Surabaya melalui penggunaan media boneka witty doll. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelompok yang berjumlah 28 anak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-treatment-posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan bercerita anak setelah diberi perlakuan menggunakan media witty doll. Berdasarkan analisis uji-t, diperoleh p-value sebesar 0,000, yang menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pretest (6,86) dan posttest (7,93), yang menandakan efektivitas media witty doll dalam meningkatkan keterampilan bercerita anak. Instrumen penelitian menunjukkan validitas dan reliabilitas yang tinggi dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,894, serta memenuhi syarat uji normalitas (p-value > 0,05). Distribusi penilaian menunjukkan peningkatan kemampuan bercerita siswa dari kategori Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB) pada pretest ke kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) pada posttest. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media witty doll efektif dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak, khususnya dalam menyusun alur cerita dan memperkaya kosakata. Oleh karena itu, diharapkan agar pendidik di TK menggunakan media interaktif seperti boneka wittydoll dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan kreativitas anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Dewi, Cresensia Dina Candra Kumala
NIDN0713058904
dinacandra@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan bercerita, media witty doll, anak usia dini, TK, peningkatan keterampilan
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Users 14766 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2025 08:15
Last Modified: 14 Jan 2025 08:15
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41680

Actions (login required)

View Item View Item