Krista, Athanasia Bella (2024) Pengaruh penggunaan Media Witty Doll terhadap kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun di TK Cempaka Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-1.pdf Download (882kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak (TK) Cempaka Surabaya melalui penggunaan media boneka witty doll. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelompok yang berjumlah 28 anak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-treatment-posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan bercerita anak setelah diberi perlakuan menggunakan media witty doll. Berdasarkan analisis uji-t, diperoleh p-value sebesar 0,000, yang menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pretest (6,86) dan posttest (7,93), yang menandakan efektivitas media witty doll dalam meningkatkan keterampilan bercerita anak. Instrumen penelitian menunjukkan validitas dan reliabilitas yang tinggi dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,894, serta memenuhi syarat uji normalitas (p-value > 0,05). Distribusi penilaian menunjukkan peningkatan kemampuan bercerita siswa dari kategori Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB) pada pretest ke kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) pada posttest. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media witty doll efektif dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak, khususnya dalam menyusun alur cerita dan memperkaya kosakata. Oleh karena itu, diharapkan agar pendidik di TK menggunakan media interaktif seperti boneka wittydoll dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan kreativitas anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Dewi, Cresensia Dina Candra Kumala NIDN0713058904 dinacandra@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan bercerita, media witty doll, anak usia dini, TK, peningkatan keterampilan |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Users 14766 not found. |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 08:15 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 08:15 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |