Kurniawan, Aurelia Andina (2024) Bentuk pola asuh ibu yang mendorong perkembangan anak usia dini dengan down-syndrome. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-rev.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB Irev.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB IIrev.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB IIIrev.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IVrev.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB Vrev.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRANrev.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Banyak dijumpai fenomena mengenai kondisi anak dengan down-syndrome, namun masih sedikit yang membahas bagaimana peran ibu secara langsung terhadap proses perkembangan anak down syndrome. Pola pengasuhan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan anak down-syndrome. Melalui penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana pola pengasuhan ibu yang mendorong perkembangan kemampuan anak dengan down-syndrome. Perkembangan anak dipengaruhi oleh pengasuhan orangtua, dimana hasil perkembangan yang positif akan erat kaitannya dengan pola pengasuhan yang hangat dan responsif, sehingga model pengasuhan yang diterapkan oleh ibu akan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Besaran aspek pengasuhan antara responsiveness dan demandingness harus dilakukan seimbang oleh ibu kepada anak agar stimulasi yang diberikan tepat sesuai kebutuhan aspek perkembangan anak dalam hal kognitif, fisik, dan sosioemosional. Metode kualitatif dipilih untuk melihat fenomena lebih mendalam dengan melakukan wawancara kepada tiga ibu yang terpilih melalui pengambilan sampel menggunakan metode snowball sampling dengan kriteria informan memiliki anak usia dini dengan kondisi down syndrome. Bentuk dukungan yang diberikan oleh ibu dapat terlihat pada pola pengasuhan responsiveness dan demandingness. Pemberian pola asuh secara responsiveness terlihat lebih menonjol jika dibandingkan dengan pengasuhan demandingness, yang dengan demikian pemberian pola asuh ini memberikan efek terhadap proses perkembangan anak. Memahami adanya keterlambatan yang terjadi pada anak dan peka terhadap proses perkembangan kemampuan anak, dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh ibu, dimana pengetahuan ibu ini menjadikan ibu mampu memenuhi kebutuhan anak secara fisik dan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Prasetyo, Eli NIDN0726068203 UNSPECIFIED |
Uncontrolled Keywords: | Down syndrome, perkembangan, pola pengasuhan, dukungan ibu. |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Aurelia Andina Kurniawan |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 10:55 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 10:55 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |