Pengalaman komunikasi fomo (fear of missing out) syndrom pada kalangan content creator

Rosalin, Neresya Findya (2024) Pengalaman komunikasi fomo (fear of missing out) syndrom pada kalangan content creator. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Dengan berbagai informasi ataupun konten-konten yang selalu tersebar, keinginan untuk tidak ketinggalan dan ingin terus terhubung dengan orang lain bisa disebut dengan FoMO (Fear of Missing Out). Dengan bantuan media sosial, tentu akan menaikkan perasaan FoMO dan juga engagement dari akun yang dimiliki sesorang content creator sehingga dapat menyebabkan beberapa akibat yang mungkin akan merugikan diri sendiri. Adanya penelitian ini untuk mengungkapkan pengalaman individu mengetahui dan mendeskripsikan mengenai bagaimana pengalaman komunikasi FoMO Syndrom pada kalangan content creator. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengalaman komunikasi FoMO (Fear of Missing Out) Syndrom pada kalangan content creator. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif metode fenomenologi. Dilakukannya in-depth interview agar data dan informasi yang didapatkan lebih mendalam dan lengkap dari informan. Hasil dari penelitian ini, menemukan bahwa content creator telah mengalami berbagai pengalaman komunikasinya dalam merasakan FoMO (Fear of Missing Out) yaitu mereka selalu mencari tahu dan selalu up to date di lingkungan sosialnya dan adanya persaingan dalam pembuatan konten yang mengharuskan mereka lebih dahulu untuk memposting segala kegiatan maupun aktivitas yang baru. Merasakan keinginan untuk selalu ingin lebih dari pencapaian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Krisdinanto, Nanang
NIDN0726126602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FoMO (Fear of Missing Out), Fenomenologi, Content Creator.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 14517 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2025 04:23
Last Modified: 08 Jan 2025 04:23
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41462

Actions (login required)

View Item View Item