Uji eksperimental respon konsumen terhadap penerimaan produk cookies sorgum mauurasa

Ermayanty, Ermayanty (2024) Uji eksperimental respon konsumen terhadap penerimaan produk cookies sorgum mauurasa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstrak_ok.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab-1.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab-5_merged.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran - Rev (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi respon konsumen terhadap Cookies Sorgum "Mauurasa", sebuah alternatif camilan sehat yang ber-basis bahan pangan lokal. Sorgum dipilih sebagai bahan utama karena kandungan utamannya bisa menggantikan karbohidrat serta mengandung serat, dan protein. Untuk meningkatkan nilai gizi, produk ini juga diperkaya dengan tepung oat dan chia seed. Penelitian menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan melibatkan 100 mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sebagai responden. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, yang kemudian dianalisis menggunakan uji organoleptik dan daya terima konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan respon positif terhadap rasa, aroma, dan tekstur Cookies Sorgum Mauurasa. Indikator aroma mencatat skor tertinggi dengan rata-rata 382,60, diikuti rasa sebesar 376,40, dan tekstur sebesar 366,60. Namun, indikator warna memperoleh penilaian netral dengan rata-rata skor 331,00. Respon netral ini diidentifikasi sebagai hasil dari proses pemanggangan yang belum optimal dan desain kemasan yang kurang menarik. Responden juga mengapresiasi konsep ukuran one-bite, tetapi menyarankan adanya diversifikasi ukuran kemasan untuk memenuhi preferensi konsumen yang lebih luas. Secara keseluruhan, Cookies Mauurasa mendapatkan penerimaan yang baik dari konsumen, menunjukkan potensi yang besar sebagai produk kompetitif di pasar camilan sehat. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pemahaman preferensi konsumen terhadap produk berbasis sorgum dan manfaat praktis dalam pengembangan inovasi pangan sehat berbasis lokal. Selain itu, hasil penelitian ini mendukung diversifikasi produk berbasis sorgum untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Rekomendasi utama dari penelitian ini mencakup perbaikan kualitas warna melalui penyempurnaan proses produksi, peningkatan desain kemasan, serta pengembangan strategi pemasaran yang menonjolkan manfaat kesehatan dan inovasi produk. Dengan langkah-langkah ini, Cookies Mauurasa memiliki peluang besar untuk menarik pasar yang lebih luas, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Kewirausahaan
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Tulipa, Diyah
NIDN0726077203
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Simamora, Agatha Liney
NIDN0714069602
agathasimamora@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: produk berbasis sorgum, camilan sehat, preferensi konsumen.
Subjects: Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Entrepreneurship > Entrepreneurship Study Program
Depositing User: Users 14560 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 08:09
Last Modified: 22 Jan 2025 08:09
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41347

Actions (login required)

View Item View Item