Pengaruh work life balance dan pengembangan karir terhadap work engagement dengan dimediasi kepuasan kerja tenaga kependidikan generasi Y dan Z pada Universitas “A” di Surabaya

Priambada, Antanius Daru (2024) Pengaruh work life balance dan pengembangan karir terhadap work engagement dengan dimediasi kepuasan kerja tenaga kependidikan generasi Y dan Z pada Universitas “A” di Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAKrev.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5rev.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh work life balance dan pengembangan karir terhadapa work engagement dengan dimediasi kepuasan kerja tenaga kependidikan generasi Y dan Z pada Universitas “A” di Surabaya. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner dibagikan kepada tenaga kependidikan generasi Y dan Z pada kampus “A” di Surabaya. Hasil pengumpulan data adalah 80 responden. Teknik analysis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap work engagement yang dimediasi kepuasan kerja dan work life balance berpengaruh signifikan terhadap work engagement yang dimediasi kepuasan kerja. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah Universitas “A” dapat membuat kebijakan yang mendukung perencanaan pengembangan karir karena dari hasil nilai rata-rata indikator pengembangan karir, tenaga kependidikan generasi Y dan Z kurang dalam diberi rencana pengembangan pribadi. Sebagai contoh organisasi dapat memberikan program pelatihan yang dapat membantu dalam mengembangkan kompetensi profesional untuk menyelesaikan pekerjaan dan sebagai peluang promosi jabatan. Selain itu organisasi dapat membuat kebijakan yang mendukung tercapainnya work life balance. Karena dari hasil nilai rata-rata indikator work life balance tenaga kependidikan generasi Y dan Z lebih mengutamakan pekerjaan dari pada kebutuhan pribadi. Sebagai contoh organisasi dapat menetapkan kebijakan durasi waktu istirahat yang lebih panjang, karyawan akan memiliki wakti lebih banyak untuk beristirahat dan kembali memiliki tenaga yang lebih banyak untuk bekerja kembali. Hal ini mampu meningkatkan kepuasan kerja tenaga kependidikan, sebagai timbal baliknya keterlibatan karyawan akan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: S2 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wulani, Fenika
NIDN0703037201
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Work life balance, pengembangan karir, kepuasan kerja dan work engagement
Subjects: Business > Management
Digital Business Management > Business > Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 14377 not found.
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:47
Last Modified: 16 Dec 2024 02:47
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41322

Actions (login required)

View Item View Item