Pengembangan bahan ajar digital berbasis model problem based learning pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Hang Tuah 1 Surabaya

Bhoki, Maria Margareta Meylinda (2024) Pengembangan bahan ajar digital berbasis model problem based learning pada pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital pada pokok bahasan suhu dan kalor menggunakan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian sebanyak 36 peserta didik di kelas F.11-2 SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Perangkat yang digunakan meliputi modul ajar, bahan ajar digital, Rencana Evaluasi (RE), keterlaksanaan pertemuan, dan angket respon peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul ajar mendapat skor 3,29 dengan kategori baik, bahan ajar digital 3,3 dengan kategori baik, RE 3,17 dengan kategori baik, keterlaksanaan modul ajar 2,97 dengan kategori baik peningkatan hasil belajar 0,51 dengan kategori sedang, dan respon siswa 3,68 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Lestari, Tri
NIDN0721129102
trilestari@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar digital, hasil belajar, problem based learning, suhu dan kalor.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 14441 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:28
Last Modified: 26 Aug 2024 07:28
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/40911

Actions (login required)

View Item View Item