Anggraini, Kristin
ORCID: https://orcid.org/0009-0005-4462-6683, Sriemulyaningsih, Maria Josephine Kriesye and Haryanto, Jessica Febrina
(2025)
Pengaruh media edukatif "touch and talk" terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak usia 4-5 tahun.
Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen).
Widya Mandala Surabaya Catholic University, Surabaya.
(Submitted)
Preview |
Text (Pengaruh media edukatif touch and talk terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak usia 4-5 tahun)
KRISTIN_FNAME_TPL04LAPORAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan menulis merupakan salah satu kemampuan penting yang dikembangkan oleh guru dan orangtua pada anak usia dini. Dalam meningkatkan kemampuan menulis pada anak usia dini, seorang pendidik dapat mengembangkannya melalui media pembelajaran. Terdapat media pembelajaran yang diduga dapat menstimulasi aspek perkembangan bahasa anak terutama kemampuan menyimak dan keaksaraan yaitu kemampuan berbahasa Inggris serta menulis, media pembelajaran tersebut bernama media edukatif “Touch and Talk”. Media ini dirancang untuk menstimulasi kemampuan anak dalam menulis sekaligus berbahasa asing, dalam hal ini Bahasa Inggris. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis Quasi eksperimen design. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen jenis Nonequivalent Control Group design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode test dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis, untuk menguji apakah ada media edukatif ”Touch and Talk” kemampuan berbahasa Inggris anak usia 4-5 tahun. Adapun persyaratan dalam analisis data adalah data tersebut merupakan data homogen serta berdistribusi normal, maka uji homogenitas dan uji normalitas harus dilakukan terlebih dahulu. Pengujian homogenitas dilakukan dengan menggunakan program SPSS 22,0 Windows Evaluation Version Langkah berikutnya adalah melakukan Uji F atau dikenal dengan Uji Anova. Kesimpulannya, media edukatif ”Touch and Talk” dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris anak usia 4-5 tahun terutama menulis sekaligus berbahasa asing, dalam hal ini Bahasa Inggris
| Item Type: | Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen)) |
|---|---|
| Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
| Uncontrolled Keywords: | Media edukatif touch and talk, kemampuan berbahasa Inggris, anak usia 4-5 tahun. |
| Subjects: | Early Childhood Education |
| Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
| Depositing User: | SPd., M.Pd Kristin Anggraini |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 12:09 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 12:09 |
| URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44706 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

