Setyawan, Yonathan (2025) Growth to grit: the role of growth mindset in grit among students who are active in the Student Council. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 13 (3). pp. 457-463. ISSN p-ISSN: 2477-2666; e-ISSN: 2477-2674 (Unpublished)
Preview |
Text (Growth to grit: the role of growth mindset in grit among students who are active in the Student Council)
Growth_mindset_Psikoborneo.pdf Download (602kB) | Preview |
Preview |
Text (Hasil cek similarity)
Turnitin_growth_mindset_Psikoborneo.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
OSIS merupakan wadah bagi siswa SMA/SMK untuk pengembangan soft skill dan pembentukan karakter,namun kerapkali siswa yang terlibat aktif dalam OSIS belum memaknai dan kurang gigih dalam melaksanakan setiap program kegiatan yang di adakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran growth mindset terhadap grit pada siswa OSIS SMA/SMK di Kota Madiun. Sampel terdiri dari 70 siswa dari SMA/SMK di Kota Madiun. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala growth mindset yang dikembangkan oleh Dweck, C.S. (1999) dan skala grit yang dikembangkan oleh Duckworth (2009). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh growth mindset terhadap grit (t = 4.715, p = 0.033). Besar sumbangan efektif growth mindset terhadap grit adalah 65%, sementara 35% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dieksplorasi dalam penelitian ini. Penelitian ini mendukung teori bahwa growth mindset mempengaruhi grit. Temuan ini dapat dijadikan dasar untuk mengembangkan model intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan grit pada siswa yang aktif berorganisasi OSIS.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Grit, growth mindset, OSIS |
Subjects: | Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Divisions: | Faculty of Psychology > PSDKU - Psychology Study Program |
Depositing User: | Yonathan Setyawan |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:55 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:55 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |