Utomo, Natasha Imanuellia Dwi Anggraeni and Wati, Sindy Anugerah Efe tivitas Cheerful Number Machine terhadap Pemahaman Konsep Matematika Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Preview |
Text (Artikel)
Efektivitas Cheerful Number.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Hasil cek similarity)
4.Cek Similarity_View of Efektivitas Cheerful Number Machine.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Bukti Korespondensi)
4. Bukti Korespondensi_EFEKTIVITAS CHEERFUL.pdf Download (747kB) | Preview |
Abstract
Sa/ah satu cara untuk memperkuat pembelajaran pada anak usia dini adalah melalui penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Cheerful Number Machine terhadap pemahaman konsep matematika anak usia dini. CINUMA merupakan media pembelajaran interaktifyang dirancang untuk membantu anak mempelajari konsep dasar matematika secara menyenangkan dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok,yaitu kelompok eksperimenyang mendapatkan treatment menggunakan media CINUMA dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest yang dirancang untuk mengukur pemahaman konsep matematika anak sebelum dan sesudah pemberian treatment. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Anak yang mendapatkan treatment dengan media CINUMA menunjukkan adanya peningkatan pemahaman matematika yang lebih baik dibandingkan dengan anak pada kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media CINUMA efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini, khususnya dalam memahami konsep angka, berhitung, dan mencocokkan bilangan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Cheerful Number Machine; Konsep Matematika; Anak Usia Dini; Perkembangan Kognitif |
| Subjects: | Early Childhood Education |
| Depositing User: | Christine Limbara |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 10:07 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 10:07 |
| URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/44515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

