Peran kepercayaan dan media sosial terhadap keputusan pembelian pengguna TikTok Shop

Handayani, Wahyu Prabawati Putri (2025) Peran kepercayaan dan media sosial terhadap keputusan pembelian pengguna TikTok Shop. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 6 (1). pp. 45-54. ISSN e-ISSN: 2774-3004

[thumbnail of Peran kepercayaan dan media sosial terhadap keputusan pembelian pengguna TikTok Shop]
Preview
Text (Peran kepercayaan dan media sosial terhadap keputusan pembelian pengguna TikTok Shop)
Kepercayaan_TikTok_JIMBI.pdf

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of Hasil cek similarity]
Preview
Text (Hasil cek similarity)
Kepercayaan_TikTok_JIMBI_Turnitin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah mengetahui dan menganalisis signifikansi peran dari kepercayaan dan media sosial terhadap keputusan pembelian pengguna TikTok Shop. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang berdomisili di Madiun dan pernah melakukan pembelian di marketplace TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sejumlah 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara online menggunakan google form. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,591. Artinya, variabel kepercayaan dan media sosial memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 59,1% dan sisanya 40,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, media sosial, keputusan pembelian, TikTok Shop
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Divisions: Journal Publication
Depositing User: Wahyu Prabawati Putri
Date Deposited: 08 Jul 2025 09:47
Last Modified: 08 Jul 2025 09:47
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43601

Actions (login required)

View Item View Item