Frandika, Tan Devi, Yuliastuti, Maria and Hartiana, Theresia Intan Putri (2024) Mix Marketing Communication Brand Somethinc Pada Akun Tiktok @somethincofficial. Jurnal Communicator Spher, 4 (1). pp. 12-27. ISSN 1978-4597
![]() |
Text
13_ Mix Marketing Communication Brand Somethinc Pada Akun Tiktok.pdf - Published Version Download (326kB) |
Abstract
Riset ini dilakukan untuk mendalami strategi mix marketing communication yang digunakan oleh produk Somethinc. Sebagai salah satu produk kecantikan, Somethinc berada pada posisi terendah dibandingkan dengan Emina dan Scarlett Whitening di google Trends 2023. Namun menurut We Are Social dan Hootsuite, Somethinc merupakan produk kecantikan dengan urutan pertama terpopuler di dunia sebesar 99,21%. Somethinc kerapkali menunjukkan konten yang berisikan mengenai information product pada setiap unggahannya serta menjalin hubungan lebih intens. Melalui metode analisis isi, pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian deskriptif, peneliti bermaksud mengetahui lebih dalam mix marketing communication yang diterapkan oleh somethinc yaitu dengan menggunakan indikator 4P. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui isi pesan promosi produk Somethinc yang ada pada akun Tiktok @somethincofficial. Hasilnya ternyata lebih dominan menggunakan promotion public relations dan promotion direct marketing khususnya untuk serum dan juga facewash. Hal ini terlihat dari setiap unggahan maupun caption yang digunakan dalam akun Tiktok @somethincofficial yaitu berupa ajakan untuk membeli produk somethinc dan berisikan mengenai information product somethinc itu sendiri. Kata-kata Kunci: Mix Marketing Communication; Analisis Isi; Somethinc
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mix Marketing Communication; Analisis Isi; Somethinc |
Subjects: | Communication Science |
Divisions: | Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program |
Depositing User: | Theresia Intan Putri Hartiana |
Date Deposited: | 09 May 2025 08:24 |
Last Modified: | 09 May 2025 08:24 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |