Pemberitaan Strategi Respon Perusahaan dalam Isu Boikot di Sosial Media

Hartiana, Theresia Intan Putri (2024) Pemberitaan Strategi Respon Perusahaan dalam Isu Boikot di Sosial Media. Komunikatif, 13 (2). pp. 86-103. ISSN 2597-6699

[thumbnail of 10_Pemberitaan Strategi Respon Perusahaan dalam Isu Boikot di Sosial Media Theresia Intan Putri Hartiana.pdf] Text
10_Pemberitaan Strategi Respon Perusahaan dalam Isu Boikot di Sosial Media Theresia Intan Putri Hartiana.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kmunculnya peristiwa boikot beberapa merk global di sosial media, atau disebut online firestorm. Online firestorm merupakan serangan tiba-tiba dari sejumlah besar komentar negatif dari mulut ke mulut dan perilaku mengeluh terhadap seseorang, perusahaan, atau kelompok di jaringan media sosial. Online firestorm menjadi perspektif dalam melihat krisis perusahaan dengan berkembangangnya media sosial. Hashtag #boikotprodukisrael, #boikotisrael menjadi trending topic di twitter sejak adanya beberapa dugaan global brand diduga terafiliasi dengan Israel. Tentunya, munculnya gerakan boikot di sosial media turut memunculkan pemberitaan di beberapa media massa. Pada akhirnya apa yang diperbincangan sebagai online firestorm tersebut dapat berubah menjadi skandal dan ancaman reputasi bagi organisasi. Berpijak pada situational crisis communication theory (SCCT), penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi respon global brand atas online firestorm dalam seruan boikot yang dituliskan oleh media online dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif. SSCT menjelaskan bahwa strategi dalam merespon krisis yang dialami perusahaan ada 3 cara 1) penyangkalan (deny response strategy), (2) mengurangi (diminish response strategy) dan (3) membangun kembali (rebuild response strategy. Hasil dari intepretasi data, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi utama merepson online firestorm dalam seruan boikot yang dituliskan Kumparan.com dan Kompas.com adalah deny crisis respose strategies dengan attact the accuser dan scapegoat. Sedangkan secondary crisis response strategies strategies dilakukan dengan reminder dan victimage. Kata kunci: Pemberitaan;online firestorm;situational crisis communication theory ;boikot.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemberitaan;online firestorm;situational crisis communication theory ;boikot.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Theresia Intan Putri Hartiana
Date Deposited: 09 May 2025 08:21
Last Modified: 09 May 2025 08:21
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/43117

Actions (login required)

View Item View Item