Susilaningsih, Chaterina Yeni (2024) Studi deskriptif tentang pemahaman karier siswa kelas X SMA di Kota Madiun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4 (1). pp. 195-201. ISSN p-ISSN: 2797-2879, e-ISSN: 2797-2860
![]() |
Text (Studi deskriptif tentang pemahaman karier siswa kelas X SMA di Kota Madiun)
Studi_deskriptif_JPPI.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text (Hasil cek similarity)
Turnitin_studi_deskriptif_JPPI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemahaman karier menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Informasi karier dapat menjadi arah dan kunci di dalam mengarahkan diri menuju pencapaian karier, yaitu pengenalan diri (minat, bakat, potensi), dunia kerja, dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman karier siswa kelas X SMA di Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA di Kota Madiun yang mengisi angket 282 siswa. Teknik penetapan sampel menggunakan teknik total sampling, sedangkan teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dari 282 siswa diketahui nilai rata-rata hitung (mean)= 96,549 dengan skor minimum 33 dan maksimum 120, dengan standart deviasi 13,957 dan skor median 98,00. Dengan demikian skor ≤ 98,00 menunjukkan bahwa pemahaman karir siswa kelas X rendah, dan skor > 98,00 menunjukkan pemahaman diri siswa kelas X tinggi. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan skor mode atau skor yang sering muncul sebesar 102 > 98 menunjukkan bahwa pemahaman karir siswa kelas X tinggi dinyatakan dalam beberapa indikator dalam merencanakan karir, mengeksplorasi karir, dan mencari informasi karir.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman karier, siswa SMA |
Subjects: | Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling Study Program Guidance and Counseling |
Divisions: | Journal Publication |
Depositing User: | Chaterina Yeni Susilaningsih |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 08:00 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 08:00 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/42930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |