Setyawan, Yonathan (2023) Pengembangan skala kebersyukuran pada mahasiswa generasi “Z”. Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness, 3 (1). pp. 26-35. ISSN 2798-1401
![]() |
Text (Pengembangan skala kebersyukuran pada mahasiswa generasi “Z”)
Skala_kebersyukuran_JIPM.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text (Hasil cek similarity)
Turnitin_skala_kebersyukuran_JIPM.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kebersyukuran bagi mahasiswa generasi Z sangat penting untuk diketahui agar prodi dapat membuat kebijakan yang tepat bagi mahasiswa untuk selalu semangat dalam melaksanakan perkuliahan. Terkait dengan hal tersebut, penelitian ini mencoba membuat skala kebersyukuran bagi siswa generasi Z. Skala ini berbentuk skala Likert dan skala ini digunakan untuk mengukur tingkat kesesuaian responden terhadap item-item yang mendukung rasa syukur siswa generasi Z. Semakin besar skor skala maka semakin besar rasa syukur responden, sedangkan semakin kecil skor maka dapat diindikasikan siswa kurang bersyukur. Berdasarkan analisis terhadap 18 item skala yang dibuat, item skala tersebut valid dan reliabel dilihat dari skor homogenitas dan diskriminasi item yang baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Research team head Setyawan, Yonathan NIDN0715069415 yonathan.setyawan@ukwms.ac.id Researcher Putra, Arlen Leonarda Purnama NIM7203020002 osc-psych.arlen.l.20@ukwms.ac.id Research team member Nastiti, Alvinda Sukma NIM7203020009 osc-psych.alvinda.s.20@ukwms.ac.id Research team member Ekananda, Shenda Mahayu NIM7203021003 osc-psych.shenda.m.21@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Kebersyukuran, skala kebersyukuran, mahasiswa generasi Z |
Subjects: | Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Psychology > Psychology Study Program Psychology |
Divisions: | Journal Publication |
Depositing User: | Yonathan Setyawan |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 10:44 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 10:44 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/42886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |