PENERAPAN TEKNIK PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UKM MEBEL JATI DI BOJONEGORO

Sutedjo, Purnomohadi, Wibowo, Wahyudi, Tambunan, Sihar Tigor Benjamin ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5653-8203 and Karijadi, Irene (2024) PENERAPAN TEKNIK PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA UKM MEBEL JATI DI BOJONEGORO. Jurnal Abdimas PeKA, 7 (2).

[thumbnail of 5965-19305-1-PB.pdf] Text
5965-19305-1-PB.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (481kB)

Abstract

Industri mebel dan kerajinan di Jawa Timur, yang merupakan sektor padat karya, memiliki potensi besar untuk berkembang. Namun, berbagai kendala menghalangi pertumbuhan UKM di sektor ini. Untuk membantu UKM meningkatkan daya saingnya di pasar, diperlukan upaya dari berbagai pihak. Sebagian besar masalah yang dihadapi UKM dalam industri mebel dan kerajinan di Jawa Timur adalah kurangnya kemampuan untuk mendukung proses produksi, desain produk, manajemen usaha, dan pemasaran. Seiring perkembangan teknologi digital, penerapan pemasaran media sosial (social media marketing) dipandang tepat bagi upaya memperoleh kepercayaan pembeli dan memperluas pangsa pasar. Kinerja penjualan UKM mebel dan kerajinan dapat menurun bila hanya mengandalkan teknik pemasaran konvensional, seperti melalui pameran dan penjualan langsung. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membantu Sinarmas Mas Art, pelaku UKM mebel jati di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, untuk menerapkan teknik-teknik pemasaran media sosial guna meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. Kegiatan abdimas diawali dengan pertemuan dengan mitra program untuk memahami keunggulan produk serta segmentasi dan target pasar. Selanjutnya, mitra mendapatkan penyuluhan pengembangan strategi dan perencanaan pemanfaatan platform media sosial Instagram sebagai media promosi. Selain membantu penyiapan IG Ad Schedule, tim abdimas juga membantu menyiapkan konten foto, video, dan deskripsi konten untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk pada sebuah event pameran yang diikuti mitra program di Kota Bandung. Pada akhir pelaksanaan program, mitra program juga memperoleh penyuluhan tentang teknik evaluasi efektivitas promosi di IG Ad. Program abdimas ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra pelaku UKM dalam menerapkan teknik-teknik pemasaran media sosial untuk memperluas cakupan pasar.

Item Type: Article
Subjects: Business
Digital Business Management > Business
Digital Business Management
Social Sciences
Social Sciences > Commerce
Business > International Business Management
Digital Business Management > Business > International Business Management
Business > Management
Digital Business Management > Business > Management
Entrepreneurship
Depositing User: Wahyudi Wibowo
Date Deposited: 13 Feb 2025 05:58
Last Modified: 02 May 2025 09:36
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/42443

Actions (login required)

View Item View Item