Pendampingan eksperimen bagi siswa SMA untuk menumbuhkan sikap positif terhadap sains

Herwinarso, Herwinarso, Wijaya, Anthony, Lestari, Tri, Koswojo, Jane and Untung, G. Budijanto (2025) Pendampingan eksperimen bagi siswa SMA untuk menumbuhkan sikap positif terhadap sains. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Teacher Training and Education, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of Pendampingan eksperimen bagi siswa SMA untuk menumbuhkan sikap positif terhadap sains] Text (Pendampingan eksperimen bagi siswa SMA untuk menumbuhkan sikap positif terhadap sains)
Laporan abdimas univ 2024 (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada pada pembelajaran sains, khususnya fisika adalah persepsi negatif siswa pada fisika yang dianggap sebagai mata pelajaran yang sukar, abstrak, tidak relevan, dan kurang bermanfaat untuk dipelajari. Hal ini dapat terjadi karena metode pembelajaran yang didominasi dengan ceramah dan pembahasan teori sehingga peserta didik tidak mendapatkan pengalaman untuk merelasikan konsep fisika dengan kehidupan seharihari. Fisika merupakan ilmu yang mempelajari gejala alam sehingga sangat erat dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen sangat disarankan supaya peserta didik memiliki pengalaman langsung dalam mengkaji fenomena alam dan motivasi belajarnya bertambah. Akan tetapi, pembelajaran dengan metode eksperimen memiliki beberapa tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan alat yang dimiliki sekolah pada topik tertentu. Dalam mengatasi masalah tersebut Prodi Pendidikan Fisika UKWMS memberikan solusi melalui kegiatan layanan praktikum fisika bagi peserta didik sekolah menengah atas di Surabaya, khususnya dari sekolah-sekolah dengan fasilitas laboratorium fisika yang terbatas, dan sekolah-sekolah tempat alumni Prodi Pendidikan Fisika bekerja. Mengingat fasilitas laboratorium fisika di Prodi Pendidikan Fisika cukup lengkap bagi pembelajaran fisika untuk tingkat sekolah menengah, diharapkan siswa-siswa yang memanfaatkannya akan terbantu memahami fisika lebih baik dan lebih termotivasi untuk menyenangi fisika. Luaran yang diharapkan dari program ini adalah tumbuhnya persepsi positif dari peserta didik tentang sains khususnya fisika melalui pembelajaran dengan eksperimen sehingga peserta didik akan termotivasi untuk mendalami ilmu fisika. Terdapat 12 sekolah yang berpartisipasi dengan jumlah peserta didik sebanyak 873 orang, tiga judul percobaan secara umum dilakukan peserta didik di setiap kegiatan dan secara keseluruhan 20 judul yang telah dilakukan oleh peserta didik selama kegiatan PkM berlangsung. Disamping itu telah dibuat modul/petunjuk eksperimen untuk masing-masing judul praktikum yang telah dilakukan oleh peserta didik, dan artikel abdimas “Pendampingan Eksperimen Fisika Bagi Peserta Didik SMA di Surabaya” yang telah dimuat di jurnal abdimas” JAI : Jurnal Abdimas Indonesia, ISSN: 2797-2887”. Berdasarkan hasil angket yang telah direspon oleh peserta didik dan dari hasil pelaksanaan kegiatan praktikum, dapat disimpulkan bahwa layanan praktikum SMA di Laboratorium Prodi Pendidikan Fisika UKWMS mendapat respon positif dari pihak sekolah, guru pendamping dan peserta didik. Peserta didik juga antusias karena bereksperimen membuat pembelajaran fisika menjadi lebih menarik. Selain itu, peserta didik juga mendapatkan tambahan pengetahuan tentang pendidikan di Universitas.

Item Type: Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen))
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Uncontrolled Keywords: Eksperimen fisika, eksperimen, fisika, pendampingan, peserta didik, SMA.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Herwinarso .
Date Deposited: 16 Jan 2025 08:57
Last Modified: 17 Jan 2025 07:09
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/42079

Actions (login required)

View Item View Item