Anggraini, Kristin and Kriesye S., Maria Josephine (2024) Pengaruh permainan “Brainy games”’ terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak usia 5-6 tahun. Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen). Faculty of Teacher Training and Education, Surabaya. (Submitted)
![]() |
Text (Pengaruh permainan edukatif “Brainy games”’ terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak usia 5-6 tahun)
LAPORAN AKHIR_KRISTIN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan melalui bermain kemampuan anak dapat berkembang menjadi lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kemampuan berbahasa Inggris pada anak usia dini, terutama pengenalan kosakata dan kalimat perintah melalui sebuah permainan edukatif. Pada era society 5.0, beberapa teknologi yang dimanfaatkan dalam kehidupan sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris untuk mengoperasikannya, oleh karenanya diperlukan stimulasi sejak dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan design pre-experimental one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk menarik kesimpulan hasil penelitian, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Sebelum melakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dimana nilai alpha lebih dari 0.05, maka data dianggap cukup baik dan reliabel. Sedangkan uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif “Brainy Games” terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini. Kesimpulannya, permainan edukatif “Brainy Games” dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris anak dengan baik terutama dalam mengenal kosakata dan kalimat perintah Bahasa Inggris.
Item Type: | Monograph (Working Paper Staff (Laporan Penelitian Dosen)) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Uncontrolled Keywords: | Permainan edukatif “brainy games”, kemampuan berbahasa Inggris, anak usia 5-6 tahun. |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | SPd., M.Pd Kristin Anggraini |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 06:43 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 06:43 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |