Faktor Pembentuk Niat Perilaku Penggunaan Dompet Digital Pada Aplikasi Marketplace.

Shellen, Shellen, Ardhanari, Margaretha and Agung, Deatri Arumsari (2023) Faktor Pembentuk Niat Perilaku Penggunaan Dompet Digital Pada Aplikasi Marketplace. Jurnal Manajemen Maranatha (JMM), 23 (1). pp. 45-56. ISSN pISSN : 1411-9293, eISSN : 2579-4094

[thumbnail of Faktor Pembentuk Niat Perilaku Penggunaan Dompet Digital Pada Aplikasi Marketplace.] Text (Faktor Pembentuk Niat Perilaku Penggunaan Dompet Digital Pada Aplikasi Marketplace.)
8. Faktor_pembentuk_niat_perilaku_.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of Faktor Pembentuk Niat Perilaku Penggunaan Dompet Digital Pada Aplikasi Marketplace.] Text (Faktor Pembentuk Niat Perilaku Penggunaan Dompet Digital Pada Aplikasi Marketplace.)
8. Faktor_pembentuk_niat_perilaku_hasil cek similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pergeseran perilaku masyarakat yang memilih berbelanja secara daring dan membayar menggunakan alat pembayaran digital semakin meningkat sejak pandemi COVID-19. Namun masih belum banyak penelitian yang fokus pada penggunaan dompet digital dalam transaksi pembelanjaan pada marketplace di Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai dengan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari determinan yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, efikasi diri, pengaruh sosial, sikap, dan persepsi terhadap kontrol perilaku, pada niat perilaku dalam menggunakan dompet digital di Indonesia. Penelitian ini adalah tipe penelitian kuantitatif dan menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih responden. Data diambil menggunakan kuesioner secara daring dengan total 170 responden. Pada penelitian ini digunakan teknik analisis data PLS-SEM (Partial Least Square - Structural Equation Modeling) dengan software Smart-PLS. Hasil uji hipotesis dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja dan ekspektasi usaha memengaruhi sikap. Selain itu, efikasi diri juga terbukti memengaruhi persepsi terhadap kontrol perilaku. Sikap dan persepsi terhadap kontrol perilaku juga terbukti berpengaruh positif terhadap niat perilaku. Implikasi manajerial dari penelitian ini berpusat pada strategi dari marketplace platform dalam meningkatkan penggunaan dompet digital di Indonesia. Kebaruan dari penelitian ini dapat ditemukan pada peran efikasi diri, persepsi terhadap kontrol perilaku, dan pengaruh sosial, terhadap niat perilaku. Model riset tersebut belum banyak diteliti di Indonesia. Penelitian ini juga fokus pada penggunaan dompet digital di Indonesia, yang merupakan sebuah peluang bagi peritel online

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dompet digital; niat perilaku; persepsi kontrol perilaku; sikap
Subjects: Business > Management
Digital Business Management > Business > Management
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:00
Last Modified: 27 Feb 2025 06:35
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41108

Actions (login required)

View Item View Item