Peran Kualitas Integrasi Omnichannel Dalam Membentuk Niat Perilaku Generasi Y & Z.

Agung, Deatri Arumsari, Purwanto, Gabriella Lisbeth Avriel and Ellitan, Lena (2024) Peran Kualitas Integrasi Omnichannel Dalam Membentuk Niat Perilaku Generasi Y & Z. Ekonomis : Journal of Economics and Business, 8 (5). pp. 1450-1461. ISSN 2597-8829

[thumbnail of Peran Kualitas Integrasi Omnichannel Dalam Membentuk Niat Perilaku Generasi Y & Z.] Text (Peran Kualitas Integrasi Omnichannel Dalam Membentuk Niat Perilaku Generasi Y & Z.)
5. Peran_kualitas_integrasi_omnichannel_.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of Peran Kualitas Integrasi Omnichannel Dalam Membentuk Niat Perilaku Generasi Y & Z.] Text (Peran Kualitas Integrasi Omnichannel Dalam Membentuk Niat Perilaku Generasi Y & Z.)
5. Peran_kualitas_integrasi_omnichannel_hasil cek similarity.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku omnichannel shopping kelompok generasi Y dan Z, dengan berfokus pada peran keterlibatan pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas integrasi omnichannel terhadap niat perilaku, serta mengkaji peran usia dalam memoderasi pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap niat perilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif di mana total keseluruhan kuesioner yang didapatkan dan diolah berjumlah 204 sampel. Penelitian ini dilakukan di Surabaya dengan cakupan responden dari Surabaya dan sekitarnya. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM), dengan alat analisis SmartPLS3. Ketiga dimensi kualitas integrasi omnichannel yaitu konfigurasi saluran-layanan, interaksi terintegrasi, dan kualitas jaminan, terbukti memiliki pengaruh yang positif terhadap keterlibatan pelanggan. Keterlibatan pelanggan terbukti mempengaruhi niat perilaku secara positif, serta memediasi pengaruh ketiga dimensi kualitas integrasi omnichannel terhadap niat perilaku. Usia juga terbukti memiliki peran moderasi yang memperkuat pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap niat perilaku. Salah satu implikasi manajerial dari penelitian ini yaitu bahwa generasi Y harus menjadi perhatian yang lebih besar bagi perusahaan dalam upaya pengembangan keterlibatan pelanggan, dibandingkan dengan generasi Z, agar dapat memaksimalkan niat perilaku pelanggan untuk tetap berbelanja dari perusahaan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterlibatan pelanggan, kualitas integrasi omnichannel, omnichannel, usia
Subjects: Business > Management
Digital Business Management > Business > Management
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:22
Last Modified: 27 Feb 2025 06:28
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41105

Actions (login required)

View Item View Item