Wijaya, Anthony, Herwinarso, Herwinarso and Pratidhina, Elisabeth (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Android Untuk Mendukung Pembelajaran Materi Usaha dan Energi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9 (3). pp. 1746-1752. ISSN pISSN: 2502-7069, eISSN: 2620-8326
![]() |
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Android Untuk Mendukung Pembelajaran Materi Usaha dan Energi di Sekolah Menengah Atas.)
14. Pengembangan_media_pembelajaran_.pdf Download (708kB) |
Abstract
Fisika merupakan bidang yang memegang peranan penting dalam perkembangan teknologi, namun sayangnya banyak peserta didik yang mengalami kesulitan memahami fisika di kelas. Diperlukan sumber belajar mandiri yang menarik bagi peserta didik, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang ada pada smartphone Android. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Android untuk mendukung pembelajaran fisika khususnya pada materi Usaha dan Energi (2) mengetahui kualitas kelayakan media yang dikembangkan (3) mengetahui respon pengguna. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan kerangka ADDIE yang terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Berdasarkan review ahli, media yang dikembangkan dinilai sangat baik. Pada tahap implementasi, uji coba terbatas telah dilakukan melibatkan 28 peserta didik sekolah menengah atas (SMA). Peserta didik memberikan respon yang sangat positif dengan skor rerata 3,57 dari 4,00. Dengan demikian, telah berhasil dikembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi Usaha dan Energi yang dapat diterima dengan baik oleh peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Android, media pembelajaran, fisika, usaha dan energi. |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Journal Publication |
Depositing User: | F.X. Hadi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 04:19 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 04:19 |
URI: | https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/41081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |