Pengaruh symbolic representation dan self-image congruence terhadap purchase intention melalui attitude pada produk Istana Boneka di Jawa Timur

Onggowidjojo, Verawati (2024) Pengaruh symbolic representation dan self-image congruence terhadap purchase intention melalui attitude pada produk Istana Boneka di Jawa Timur. Masters thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
verawatiABSTRAK rev1.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
vera bab1 rev 1.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
vera bab2 rev 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
vera bab3 rev 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
vera bab4 rev 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
vera bab5 rev1.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
vera lampiran1 rev.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji apakah produk yang diciptakan selama ini telah sesuai dengan symbolic representation, dan self-image congruence calon konsumen yang berpengaruh terhadap purchase intention melalui attitude pada produk Istana Boneka di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan 200 responden yang datanya diperoleh dari kuesioner yang di sebar secara online melalui google form, data tersebut diolah menggunakan SEM (Structural Equation Model) Lisrel (Linear Structure Relationship) untuk menganalisis model-model struktural antar variabel. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: (1) symbolic representation terhadap attitude, (2) self-image congruence terhadap attitude, (3) attitude terhadap purchase intention, (4) symbolic representation terhadap purchase intention melalui attitude, (5) self-image congruence terhadap purchase intention melalui attitude. Saran untuk penelitian yang akan datang adalah melakukan pengembangan model penelitian dengan menambahkan variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini, sehingga penelitian yang dilakukan akan menjadi lebih luas dan dalam, melakukan improvisasi dengan kelompok usia tertentu dan wilayah tertentu agar menambah khasanah ilmu pengetahuan tentang strategi pemasaran yang lebih efektif serta efisien. Saran praktis penelitian ini adalah produsen produk Istana Boneka, Jawa Timur harus mampu: (1) Menghasilkan produk-produk yang memiliki symbolic representation (narrative) yang baik, menarik, unik, memiliki daya kreatif yang tinggi, sehingga calon konsumen tertarik untuk melakukan purchase intention. (2) Mempertahankan reputasi yang unggul, agar calon konsumen dapat tertarik untuk melakukan purchase intention, dengan terus-menerus melakukan inovasi, diferensiasi produk, membuat karakter yang lucu, menarik, dapat mencerminkan self_congruence dari calon konsumen, dan dapat melakukan edukasi pada calon konsumen tentang produk-produk yang dihasilkan. (3) Memperhatikan attitude dari calon konsumen, dengan mempertimbangkan budaya setempat, dan marketing mix khususnya pada produk yang dihasilkan selama ini. (4) Mengkombinasikan symbolic representation dan self-image congruence agar dapat mendorong attitude dari calon konsumen agar tetap terciptanya purchase intention secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: S2 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susanti, Christina Esti
NIDN0722076501
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Symbolic representation, self -mage congruence, attitude, purchase intention
Subjects: Business > Management
Digital Business Management > Business > Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Users 14070 not found.
Date Deposited: 23 Dec 2024 06:26
Last Modified: 23 Dec 2024 06:26
URI: https://repositori.ukwms.ac.id/id/eprint/40116

Actions (login required)

View Item View Item